Rangkaian Sosialisasi PBB-P2 Bapenda Sidrap Berakhir di Kecamatan Maritengngae

Bagikan :

SIDRAP, MNC — Rangkaian sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sidrap di 11 kecamatan di Kabupaten Sidrap, berakhir hari ini.

Kecamatan terakhir yang dikunjungi adalah Kecamatan Maritengngae, Jumat (9/7/2021). Kegiatan dihadiri Sekretaris Bapenda, Muhammad Subhan, Sekcam Maritengngae, M. Fasrah Nur, Kabid Pendapatan, Jemmi Harun.

Tampak pula, Kabid Pengawasan Habbabe, Kasubid PAD Nurhidayah Ibhas dan sejumlah staf Bapenda. Sosialisasi diikuti para lurah dan kepala desa, tokoh agama dan masyarakat serta para pembantu kolektor dan undangan lainnya.

Baca Juga :  Ini Pemenang Grand Final Pemilihan Duta Wisata Sidrap 2020

Dalam sosialisasi itu, Bapenda Sidrap memaparkan beberapa aturan terkait penagihan dan pengelolaan PBB-P2. “Harapan kami melalui sosialisasi ini dapat lebih menambah pemahaman sehubungan dengan PBB-P2 sehingga pengelolaannya semakin baik kedepannya, ujar Subhan.

Ia juga berharap target PBB-P2 tahun ini bisa terpenuhi tepat waktu sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari PBB.

Sementara, Kabid Pendapatan, Jemmi Harun mengatakan untuk memudahkan pembayaran PBB, selain bisa melalui pembantu kolektor, saat ini juga bisa dilakukan dengan mudah, bisa lewat Tokopedia atau Indomaret.

Baca Juga :  Urus Perpanjangan Paspor di Kantor Imigrasi Parepare, Ini Tanggapan Kadis Kominfo Sidrap

“Layanan pembayaran PBB untuk saat ini lebih mudah, bisa dilakukan secara online melalui Tokopedia dan Indomaret. Jadi bukti struk inilah nantinya menjadi bukti pembayaran di sistem selanjutnya untuk mencetak STTS,” ujarnya.

Terkait masalah kenaikan PBB, Jemmi Harun kembali memberikan pemahaman kepada wajib pajak.

Jemmi menyebutkan, memang tahun ini ada kenaikan, namun pihaknya tetap memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan bisa mengajukan permohononan.

“Permohonan nantinya diketahui melalui kepala desa/lurah, selanjutnya kita akan melakukan survey ulang sesuai peraturan” terangnya.

Baca Juga :  Dinas Sosial Sidrap Pertemukan ODGJ Terlantar asal Luwu dengan Keluarganya

Sementara realisasi PBB-P2 Kecamatan Maritengngae sampai bulan Juni Tahun 2021 sebesar 685.809.070 atau 19,44℅ dari target 3.527.552.173.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat mengoptimalkan penerimaan pajak PBB-P2 dan ditargetkan mampu mencapai target. “Kita berharap kepada pembantu kolektor lebih giat turun kemasyarakat mengingatkan kepada wajib pajak agar menunaikan kewajiban,” lontarnya.

Sekedar diketahui, sosialisasi PBB-P2 ini berlangsung sejak, Jumat (2/7/2021) lalu, di seluruh kecamatan di Kabupaten Sidrap. DP

Comment