Antisipasi PMK, Polres Torut Bersama Dinas Pertanian Cek Pasar Hewan Bolu

Bagikan :

TORUT, MNC- Sidokkes Polres Torut bersama Dinas Pertanian Bidang Peternakan melakukan pengecekan ke Pasar Hewan Bolu, Senin (23/5/2022). Hal tersebut sebagai upaya antisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak di Kabupaten Toraja Utara (Torut).

Kegiatan pengecekan hewan ternak dilakukan langsung oleh Plt Kadis Pertanian Lukas P. Datubarri, Kabid Peternakan Sarira Tandi, Dokter Hewan dr. Rostiani Silta, Kasidokkes Polres Torut Aipda Irwanto Gusri.

Pengecekan dilakukan terhadap hewan ternak jenis kerbau yang akan diperjualbelikan sebelum akhirnya kembali dipelihara ataupun dikonsumsi oleh masyarakat.

Baca Juga :  Tangkal Virus Corona, Samsat Sidrap Periksa Suhu Badan Wajib Pajak

Kapolres Torut AKBP Eko Suroso, menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Bidang Peternakan dalam membantu mengantisipasi PMK masuk di Kabupaten Torut.

“Dari hasil pengecekan, ada total 56 ekor hewan ternak jenis kerbau yang telah diperiksa semuanya dinyatakan dalam kondisi sehat”, terang Kapolres Torut.

Kapolres mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak panik dengan munculnya PMK tersebut. Dinas peternakan telah menyiapkan vaksinasi serta obat-obatan untuk diberikan kepada hewan ternak bila nantinya muncul suspec PMK di Kabupaten Torut.

Baca Juga :  Sambangi Warkop di Zalsa Soppeng, ini Pesan Bhabinkamtibmas Polsek Ganra...

Piter Rede Mellolo, Salah satu pemilik hewan ternak kerbau menyambut dengan baik pemeriksaan tersebut dengan harapan agar kerbau milik mereka selalu dalam kondisi sehat.

Sementara itu, Pihak Dinas Pertanian Bidang Peternakan Kabupaten Torut mengapresiasi pihak Polres Torut yang telah berkomitmen akan terus melakukan pendampingan mendukung penanggulangan PMK khususnya di Torut.

(SUSANNA RULIANTI/MNC)

Comment