Begini Dilakukan… Kepala Labkesda Care, Ditengah Keterbatasan

Spread the love

LUTRA, MNC — Sejak dibentuk awal Januari 2018, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara ,langsung tancap gas. Di tengah keterbatasan anggaran, sarana dan prasarana, tidak membuat Kepala Labkesda Luwu Utara, Iin Fauzia Frida, berpangku tangan. Dengan pasrah kondisi terkini.

Justru dengan keterbatasan itu, geliat inovasi yang terpatri di jiwanya. Merespon tanggung jawab, dengan membuat gebrakan inovasi, yang ia beri nama “Labkesda Care.”

Sebuah inovasi jemput bola. Dengan mendatangi masyarakat yang akan meminta perizinan usahanya. Tidak tanggung-tanggung, pemeriksaan bukan hanya kepada produknya. Tetapi penjamah usaha tersebut juga diperiksa kesehatannya.

“Inovasi Labkesda Care ini menjadi pembeda dalam pelayanan laboratorium ke depan. yang selama ini identik dengan pemeriksaan dalam gedung,” tutur Iin Fauzia Frida, Rabu (5/12), di Masamba.

Wanita berkacamata ini, berniat menjadikan Labkesda Luwu Utara, menjadi laboratorium inovatif, hingga ke tingkat nasional.

Labkesda Care adalah pemeriksaan konprehensif bagi penjamah dan produk, langsung di tempat, cepat dan akurat.

“Kegiatan ini masih sebatas kegiatan rutin. Seperti pengambilan sampel, kemudian diperiksa di laboratorium,” tutur Iin.

Untuk itu, kata Iin, dibutuhkan solusi cerdas. Untuk menyelesaikan hal ini, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Melalui konsep jemput layanan periksa di tempat, cepat dan akurat Dengan prinsip melayani dengan hati.

Alumni Kimia Unhas angkatan 1998 ini dikenal piawai. Dalam mengelola dan mengemban amanah yang diberikan. sebelumnya menjabat Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga di Dinas Kesehatan.

Juga ikut membantu Dinas Kesehatan mempersembahkan capaian Kabupaten. Sehat Swastisaba Wistara (penghargaan tertinggi di bidang kesehatan) 2017 kemarin.

Menjadi inovator inovasi “Kopi Gaul Keren” yang menjadikan Kabupaten Luwu Utara. Sebagai daerah dengan gerakan masyarakat hidup sehat terbaik di tingkat nasional oleh Indonesia Health Care Forum 2017.

Deretan prestasi ini, yang membuatnya tidak pernah berhenti berkarya dan melahirkan inovasi, dan terbaru tentunya Labkesda Care. Inovasi yang ia lahirkan sejak ia menjabat sebagai Kepala Labkesda awal 2018 ini. (LH/Suardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *