Begini Tujuan DRG USAID MADANI di Kabupaten Barru. Ini Kata Bupati H.Suardi Saleh

Bagikan :

BARRU, MNC – Lembaga Swadaya Masyarakat di Barru sejak awal tahun 2020, mendapatkan pembinaan istimewa dari Pemda Barru yang bekerjasama dengan Lembaga Donor USAID dengan tajuk Program Madani, yang bertujuan untuk peningkatan kapasitas, legitimasi, dan keberlanjutan masyarakat sipil.

Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menerima kunjungan kerja (Kunker) Direktur Democratic Resilience Governance (DRG) USAID MADANI, Walter Doetsch beserta jajarannya di ruang kerjanya, Jumat (13/5/2022).

“Selamat datang di Barru, dan terimakasih kepada tim kunjungan DRG USAID MADANI yang telah meluangkan waktunya, untuk berkunjung dan bersilaturahmi di Kabupaten Barru ini,” ujarnya Bupati Suardi Saleh yang nampak ceria dengan kehadiran tokoh USAID Indonesia di Barru ini.

Baca Juga :  Bupati Barru Ikut Virtual Seminar di Kota Kendari. Begini Pesan Ketua KPK

Disampaikannya, rasa terima kasih dan uraian mengenai pelaksanaan Program USAID MADANI di Barru, yang telah berjalan kurang lebih dua tahun dengan berbagai tantangan.

Diantaranya, tantangan adanya pandemi Covid-19, sehingga adanya pembatasan kegiatan masyarakat kemudian, masih adanya CSO lokal yang keberadaannya tidak tercatat di Kesbangpol.

“Namun dengan keterbatasan itu, program USAID MADANI tetap bisa berjalan dengan baik di Barru,” ujarnya sembari mengakui bahwa kapasitas kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Civil Society Organization (CSO) lokal di Barru, masih perlu ditingkatkan dalam manajemen dan lembaga.

Diketahui, Barru merupakan satu dari hanya Enam Kabupaten/Kota di Sulsel yang difasilitasi oleh Lembaga Donor Internasional ini, dan hebatnya karena Barru konsisten mendapat pendampingan setelah berakhirnya USAID Kinerja dan USAID IUWASH Plush di tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Angin Segar Barru. Rombongan PT.Pelindo Kunjungi Pelabuhan Garongkong

“Alhamdulillah, Koordinasi antara Pemerintah daerah dengan mitra Utama USAID MADANI dalam hal ini, Perkumpulan Pertanian Organik (PPO) Daun Hijau dan FC USAID MADANI dapat berkolaborasi dengan baik, sehingga semua tetap terlaksana sesuai harapan,” sebut Kepala Daerah yang sangat low profile dan welcome terhadap tamu daerah.

Sementara Direktur DRG USAID Madani, Walter Doetsch mengucapkan terimakasih atas sambutan Bupati Barru yang luar biasa ini.

“Dan ini adalah kunjungan kita yang pertama kalinya di Sulawesi Selatan, kami berharap bisa bekerja sama dengan baik, dan menyenangkan kami berada di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Baca Juga :  Lomba Hafalan Surah dan Doa antar TK/PAUD se-Kabupaten Barru, Dibuka Bunda Hj Hasnah Syam

Tokoh USAID Indonesia ini nampak memahami dan menyadari bahwa Pandemi Covid-19, juga menjadi kendala sehingga baru bisa berkomunikasi langsung face to face dengan Pemda Barru.

“USAID menjalankan program ini hingga 2025 nantinya, salah satu fokus kita adalah memperkuat kerjasama dengan pemerintah daerah. Supaya pada saat kerja sama ini berjalan dengan erat maka kita memiliki kekuatan untuk melayani maayarakat,” jelasnya.

Hadir diacara ini, Ahmad Qisa’i (DRG), Mispan Indarjo (DRG), Pietra Widiadi (Local Gevernance Spesialist), Danumurthi Mahendra (Comucation Specialist), Dr. Abustan (Sekretaris Daerah), Para Kepala OPD, Darwis ST (Field Coordinator), Hj. Rostina SE (Direktur PPO Daun Hijau). AWA/HMS

Comment