BNNK Nunukan Tangkap Kurir Sabu-sabu Jaringan Lapas Bontang

Spread the love

NUNUKAN, MNC. – Badan Narkotika Nasional (BNNK) Nunukan, Kalimantan Utara megungkap kasus peredaran narkoba jenis sabu melibatkan sindikat jaringan Tahanan Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Bontang, Kalimantan Timur.

Pengedaran narkoba yang dikendalikan dari dalam Lapas Bontang tersebut terungkap setelah BNNK Nunukan berhasil menangkap Kharul Jamal alias Irul alias Bin Jamaluddin, 29 tahun, sebagai kurir narkoba.

Kepala BNNK Nunukan, Kompol Lamuati, SH, menjelaskan pengedaran narkoba ini dikendalikan melalui Tahanan Lapas Bontang berinisial RP.

“Tersangka berperan mengambil barang terlarang sabu-sabu dari Tawau Malaysia, yang rencananya dibawa ke Bontang. Dari pengakuan tersangka, ia dikendalikan oleh tahanan Lapas Bontang berinisial RP”. Demikian Kompol Lamuati, SH dalam press releasenya, di kantor BNNK Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (8/11/2018).

Lamuati mengatakan, tersangka mengaku baru pertama kali masuk di Nunukan, Namun tersangka terlihat dari gerak-geriknya sudah sering kali masuk di Nunukan. Setiap kali tersangka berkomunikasi dengan RP melalui telepon untuk mengirimkan sabu-sabu. Dia mendapat upah Rp 2 juta untuk mengantar sabu-sabu seberat 322 gram.

Ia menambahkan Kharul diamankan BNNK Nunukan dibantu Satreskoba Polres Nunukan di depan hotel Lucky In pada 5 November 2018 sekitar pukul 21.00 wita. Lanjut Lamuati dari keterangan kharul barang haram itu diambil ditong sampah didepan hotel yang diletakan salah satu rekannya.

Adapun barang bukti yang diamankan BNNK Nunukan 13 bungkus plastik berukuran besar Golongan 1 jenis Sabu dengan berat 322 Gram.
1 bungkus plastik warna merah.
1 bungkus plastik warna hitam.
1 buah HP Merk Samsung .
KTP  atas nama Kharul Jamal
I Lembar tiket pesawat LION AIR atas nama Kharul Jamal dan Uang Tunai sebesar Rp. 865.000.-

Saat ini tersangka telah diserahkan BNNK Nunukan kepada Satresnarkoba Nunukan untuk dilakukan pengembangan, dan untuk mempertanggung jawabkan perbuatan kharul dikenakan Pasal 114 jo 112 UU Nomor 35 Thn 2009 Tentang Narkotika.(Anto/Ika).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *