Bupati Lutim Tuntut Kades Berinovasi Sesuai Potensi Desa

Spread the love

LUWU TIMUR, MNC. – Pemerintah Kabupaten LuwuTimur menggelar Bursa Inovasi Desa di Gedung Olah Raga, Kecamatan Malili, Senin (22/10/2018).

Kegiatan ini berlangsung semarak dan dibuka secara resmi oleh Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler didampingi Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, yang ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita pada pintu masuk stand bursa.

Program Bursa Inovasi Desa yang yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Luwu Timur merupakan gagasan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI) sebagai media belajar bagi Desa untuk memperoleh informasi dan kegiatan inovasi yang dapat mendukung pembangunan Desa.

Menurut Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler sesaat sebelum membuka kegiatan tersebut bahwa, Bursa Inovasi Desa merupakan ajang pertukaran ide-ide kreatif dalam pembangunan Desa.

“Bursa Inovasi Desa yang dilaksanakan ini bukan ajang pameran dalam bentuk barang, namun yang dipamerkan adalah ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di Desa-Desa,” ujarnya.

Ditegaskan Bupati bahwa, Bursa Inovasi Desa untuk membantu Desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan bagi pembangunan Desa.

Olehnya itu, melalui program inovasi Desa ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi Desa yang sesuai dengan kondisi wilayah, potensi sumber daya alam dan ekonomi Desa.

“Diharapkan kepada seluruh kepala Desa untuk dapat mereplikasi atau meniru praktek cerdas/inovasi yang ditampilkan dalam Bursa Inovasi Desa ini sesuai dengan kondisi dan potensi Desa,” ujarnya menambahkan.

Dalam kegiatan ini, setiap Kecamatan mengirim satu Desa yang memiliki inovasi untuk ditampilkan dalam Bursa Inovasi Desa.

Pada acara pembukaan Bursa Inovasi Desa turut hadir Ketua DPRD Luwu Timur, H. Amran Syam, Anggota DPRD Luwu Timur, Andi Endhy B. Shin Go, Kepala OPD se-Kabupaten Luwu Timur, Satker P3MD Provinsi Sulawesi Selatan, para Camat, Tenaga Ahli Kabupaten, Pendamping Desa, dan Pendamping Lokal Desa se-Kabupaten Luwu Timur. (hms/ikp/kominfo/suardi/Ika).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *