HUT Ke-14, Toraja Utara Dapat Kado Rp 411 Miliar dari Gubernur Sulsel

Bagikan :

TORUT, MNC- Peringatan hari jadi Kabupaten Toraja Utara (Torut) ke-14 tahun, Kamis (4/8/2022) dengan mengangkat “Bergerak Maju Menuju Toraja Utara Yang Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing”. Di hari jadi ke-14 itu, Torut mendapatkan kado istimewa dari Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dengan tujuan “La Rampo Pameloi Toraya”.

Hal itu diungkapkan Gubernur Andi dalam sambutannya di acara peringatan HUT ke-14 tahun yang disenggarakan di Lapangan Bakti Rantepao, Kecamatan Rantepao.

“Tahun ini kita mengusulkan dan sudah disetujui dari 20 PSN yang di usulkan dan yang disetujui 8 salah satunya adalah Bandara Buntu Kuni’ untuk perpanjangan jalur 800 meter, dan bagaimana membuat rute Toraja-Balikpapan”, ungkapnya.

Gubernur Andi juga mengatakan bahwa kehadirannya adalah “La Rampo Pameloi Toraya” buktinya Rp. 411 milyar sudah dikucurkan untuk Kabupaten Toraja Utara.

Baca Juga :  Desa Barambang Sinjai Siap "Rumah Isolasi" Tapi Menanti Juknis...

“Bantuan keuangan daerah yang disetujui dari sekitar Rp 300 milyar untuk 24 kabupaten/kota. dimana, Kabupaten Toraja Utara mendapat sebesar Rp 20 milyar. Hal ini dilakukan untuk pembangunan yang merata dan adil (social justice),” katanya.

HUT Ke-14, Toraja Utara Dapat Kado Rp 411 Miliar dari Gubernur Sulsel

Sementara itu, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengungkapkan terimakasih dan rasa bangga atas kehadiran Gubernur Sulawesi Selatan bersama jajaran.

Yohanis Bassang yang akrab disapa Ombas mengungkapkan bahwa bantuan Rp 20 miliyar tersebut untuk membiayai empat ruas yaitu ruas Singki – Pemanikan, ruas La’bo – Kondoran, ruas Sullukan – Tandung, ruas Karre Penanian – Karre Limbong.

Ombas juga meminta kepada Gubernur Andi untuk ruas Sa’dan – Batusitanduk dan ruas Poros Tikala – Pangala’ – Baruppu – Toraja Barat dilanjutkan, untuk menghibahkan beberapa Aset yang ada di lokasi eks pasar kalambe’ yang segera akan dibangun alun-alun kota sehingga nantinya menjadi icon Toraja Utara.

Baca Juga :  Ketua KIP Sulsel Berkunjung Kepinrang

Usai sambutan, dilanjutkan penyerahan bantuan Corporate Social Responsibilty (CSR) oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kepada Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang berupa Bantuan Pembangunan Gapura Perbatasan Wilayah Kabupaten Toraja Utara dengan Kabupaten Tana Toraja sebesar Rp 388.407.000 dan Bantuan Santunan Kematian sebesar Rp 10.000.000 Bagi Korban Penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KBB) di Distrik Mulia, Papua.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut anggota DPRD Provinsi Sulsel, John Rende Mangontan, Firmina Tallulembang, Jufri Sambara’, Asisten Administrasi Umum Bupati Toraja Utara Periode 2010-2011 Tautoto Tanaranggina (Asisten Administrasi Umum Pemprov Sulsel), Pjs Bupati Toraja Utara 2019, Amson Padolo (Kepala Dinas Kominfo Pemprov Sulsel), Kabiro Perekonomian Prov. Sulsel Since Erna Lamba, Kadis Sosial Prov.Sulsel Andi Irawan Bintang, Kadis Pendidikan Prov. Sulsel, Bpk. Setiawan , Direktur Sulselbar Prov. Sulsel, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Wakil Bupati Tana Toraja Zadrack Tombeg, Kapolres Toraja Utara, AKBP. Eko Suroso, Dandim 1414 Tana Toraja Letkol. Inf. Monfi Ade Chandra, Kajari Tana Toraja, Erianto L. Paundanan, Ketua Pengadilan Makale, Rustam serta hadir juga Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Toraja Utara, seluruh Kepala OPD, Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan seluruh stakeholder serta masyarakat hadir dalam Peringatan Hut Toraja Utara yang Ke-14 Tahun ini.

Baca Juga :  Sekda Palopo Pimpin Rapat Persiapan Kegiatan Milad Tahun 2018

Sebelumnya, kegiatan peringatan Hut Kabupaten Toraja Utara di isi dengan penampilan defile OPD, Kecamatan, Lembang, Kelurahan, Sekolah dan Antraksi Drumband/Marching Band tingkat SD,SLTP dan SLTA/SMK.

(SUSANNA RULIANTI/MNC)

Comment