Kesan dari Silaturahmi Humas Polda Sulsel dengan Insan Pers di Makassar

Bagikan :

MAKASSAR, MNC – Hari itu, cuaca di langit Makassar tak begitu cerah, bahkan sejumlah kawasan di kota metro ini turun hujan rintik. Sebuah cafe dan resto yang terletak di Jl terusan Bolevard, di belakang Ramayana Mall bernama Cafe Kanrejawa terlihat ramai dan dipenuhi pengunjung. Sebagian pengunjung terpaksa berdiri karena tak kebagian tempat duduk. Bahkan sebagian lagi harus rela berada di teras cafe.

Meski demikian, terlihat adanya konsistensi pengunjung untuk patuh pada protokol kesehatan (prokes), walau Makassar telah dicanangkan sebagai zona PPKM Level 2. Ramai memang, tapi tak terkesan sumpek apalagi tegang. Yang ada, justru keceriaan yang diwarnai candaan antara mereka.

Suasana tersebut, berupa Silaturahmi antar Kepala Bidang Humas (Kabdihumas) Polda Sulsel, Kombes Pol. E. Zulpan, S.I.K., M. Si beserta jajarannya, dengan insan pers dari media cetak, media elektronik dan media online di Makassar. Silaturahmi digelar di Cafe Kanrejawa, Jum’at, (22/10/2021), lalu.

Menariknya, meski tak begitu formal, namun Bidang Humas Polda tidak main-main melakukan persiapan menyambut awak media. Kabidhumas E. Zulpan terlihat tetap mengenakan uniform resmi Polri beserta ajudan dan sejumlah personil Bidhumas Polda lainnya. Sementara kalangan ibu-ibu Humas Polda juga menggunakan busana rapi yang seragam. Seorang wanita muda berselempang, terlihat mendata absensi wartawan yang hadir sembari memberikan nomor undian.

Baca Juga :  Kasus Kecelakaan Masih Tinggi, Kemarin 106 Kejadian, 11 Meninggal Dunia

Indikasi keseriusan Humas Polda menyambut pertemuan bertajuk silaturahmi itu, disiapkan hiburan musik elektone atau organ tunggal yang penyanyinya melantunkan lagu-lagu ber-genre pop maupun dangdut. Saking hebohnya, Kabidhumas Polda E. Zulpan sendiri tampil menyanyikan 2 lagu. Ada awak media menilai karakter suara Pak Kabidhumas, mirip penyanyi legenda Pance Pondang. “Suara Pak Kabidhumas, mirip tarek-tarek suaranya Pance Pondang, “kata Abdul, dari MERPOS diiakan sejumlah temannya.    Pemandangan lain yang juga bernuansa kebersamaan ketika dipersilakan meninkmati hidangan.Para jurnalis terlihat secara bergiliran, teratur dan antri mengambil sendiri jamuan santap siang yang disiapkan prasmanan. Selain itu, di bagian samping panggung, puluhan wartawan secara bergantian foto bareng dengan Kabudhumas Polda Sulsel Kombes Pol E. Zulpan. Kabidhumas itu tak pernah menolak, bahkan tak pernah menunda sehingga para wartawan merasa puas.

Puncaknya, dilaksanaan undian berhadiah berdasarkan nomor undian yang diberikan saat absensi. Hasilnya, Seri pertama, 5 wartawan mendapatkan hadiah berupa bingkisan dan sesi kedua 2 orang wartawan beruntung mendapatkan masing-masing 1 ponsel android merek Oppo.

E. Zulpan Bahagia Berhadapan Insan Pers

Kesan dari Silaturahmi Humas Polda Sulsel dengan Insan Pers di Makassar

E. Zulpan tampil menyanyikan 2 lagu (Foto: ABDUL).

Dari jalinan silaturahmi yang kental itu, sejumlah awak media berkomentar singkat. Sebut saja Pemimpin Redaksi Tegasnews.id, Jamal Nur. “Saya sangat merespon atas adanya ajang silaturahmi yang dilaksanakan pihak kepolisian. Selain menambah keakraban dengan pihak Polda, juga bisa saling mengenal dengan teman-teman wartawan yang bergabung di Humas Polda,” ujar Jamal Nur singkat.

Baca Juga :  Tinjau Vaksinasi di Bandung, Panglima dan Kapolri Berharap Program Vaksinasi Presiden 1 Juta 1 Hari Tercapai

Dari Metro Online, bicara senada lewat postingannya di grup WA Humas Polda mengatakan, sangat mendukung kegiatan pihak Polda ini. Bagi saya, selain silaturahmi dengan pihak kepolisian sebagai mitra kerja, kita juga sesama wartawan saling mengenal muka, ” kata wakil dari Metro Online.

Sementara Abdul dari MERPOSnews.com lain lagi komentarnya. Dikatakan, jalinan silaturahmi yang digelar Kabidhumas Polda Sulsel dan jajarannya ini sebagai bentuk penghargaan yang manusiawi dan harganya tak ternilai bagi insan-insan pers.

“Makanya, prakarsa ini patut kita salut dan apresiasi. Hanya saja, kita yakin pihak Polda juga tentu tahu bahwa pers itu di samping mempublikasikan kinerja dan keberhasilan institusi, pers juga diserahi fungsi melakukan kontrol sosial,” ujar Abdul bermakna.

Dewan Redaksi, Kantor Berita Kota Nusantara, Djufri, juga merespon positif kegiatan Humas Polda ini. Silaturahmi ini sebagai wujud sinergitas antara Polri dan insan pers. “Ada tiga itu kuncinya itu, kalau terjalin sinergitas antara TNI, Polri dan masyarakat (sipil), itu berarti selesai,” ungkapnya.

Adalah Miss Ida Safrida Fabanyo yang mengaku mewakili wartawan perempuan juga bersuara. “Saya mewakili jounalis wanita merasa berterima kasih kepada pihak Polda atas apresiasi kepada rekan-rekan wartawan yang telah membeikan momen kebersamaan menjalin keakraban,” tulis Miss Ida Safrida seperti yang diposting ke grup WA Polda.

Baca Juga :  Catat, Besok Polres Sidrap Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Menggarisbawahi silaturahmi ini berikut ini disarikan inti dari pemaparan Kabidhumas Polda Sulsel, Kombes Pol E. Zulpan serangkaian momen ini. E. Zulpan antara lain menegaskan bahwa jurnalis dan Polri merupakan sebuah mitra kerja yang saling membutuhkan. Menurutnya, Bidhumas diamanatkan oleh negara dalam membina hubungan kemasyarakatan dan membina hubungan dengan media sebagai ujung tombak kepolisian menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Kabid Humas juga berterima kasih kepada awak media yang telah menghadiri undangan ini. Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) tersebut berharap Polri dan Pers dapat bersinergi memberitakan kegiatan-kegiatan Polri serta menangkal berita-berita hoax.”Saya harap hubungan dengan media yang selama ini sudah berjalan dengan baik tetap berlanjut. Dengan memperhatikan status rule dan rule masing masing, artinya saling memahami profesi masing-masing agar nantinya tidak terjadi kesalafahaman.

“Mohon maaf baru ada waktu untuk bersilaturahmi dengan rekan-rekan semua karena situasi pandemi Covid 19 ini. Saya berbahagia berhadapan langsung dengan saudara-saudara. Ke depannya, pertemuan silaturahim ini kita laksanakan lagi. Mudah-mudahan kekompakan dari rekan-rekan wartawan di Makassar dan Sulsel bersama Humas Polda Sulsel dapat dipertahankan,” tandasnya. (ABDUL).

 

Kesan dari Silaturahmi Humas Polda Sulsel dengan Insan Pers di Makassar

Comment