Koperasi Simpan Pinjam Multi Karya Cabang Parepare, Dipertanyakan

Spread the love

PAREPARE, MNC – KSP Multi Karya yang berkantor pusat di Makassar. Dengan Badan Hukum : 05/BH/XXIV.10/X/2013. Kini Beroperasi di Parepare, Perumnas Wekke’e Blok H.

Penanggungjawab Koperasi KSP Multi Karya Cabang Parepare Wilson Silitonga ketika disambangi MERPOSNEWS.COM di kantornya Rabu (20/3/2019) malam mengakui, sudah tiga tahun, kelolah Koperasi ini. Dengan tempat berpindah pindah, diantaranya Kabupaten Pinrang dan Sidrap, termasuk Parepare.

Menurutnya, ada 3 karyawan tetap termasuk Kasir dengan gaji 2.050.000 Perbulan, dan lainnya masih training lapangan penghasilan 1.750.00 Perbulan.

Lanjut Wilson, disini tidak ada sekretaris. Jika memberikan pinjaman kepada nasabah 1 Juta, maka dipotong 100 ribu yaitu 60 ribu untuk administrasi serta 40 ribu sebagai simpanan. Jadi hanya 900 ribu yang diterima oleh nasabah.

Adapun cara pembayarannya adalah 40 ribu Perhari selama 30 hari.

Sesuai penelusuran MERPOSNEWS.COM ber sama LSM Aliansi Indonesia (Muradi dan Syamsuddn). Ironisnya, kartu anggota Koperasi KSP Multi Karya dan Buku Tamu, tidak ada. Serta RAT tidak pernah dilaksanakan, saat dipertayakan hal tersebut, Wilson memilih diam.

Pegawai Dinas Tenaga Kerja Bidang Koperasi Wahidah yang dikonfirmasi dikantornya, Kamis (21/3/2019) mengatakan bahwa, Koperasi itu, untuk mensejahterahkan anggota anggotanya, dan ada ART. Menurutnya 5% besaran bunganya untuk Koperasi. Jika di atas 5% itu bukan lagi koperasi namanya, melainkan Rentenir.

Lanjut Wahidah, setiap Koperasi ada RAT (Rapat Anggota Tahunan) minimal 20 anggotanya harus hadir. Kalau KSP Multi Karya belum ada laporannya masuk. Kami akan sampaikan Kepada Pimpinan, untuk melakukan tindakan, pungkasnya.

(ANDI WALINONO/MNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *