Membina Pribadi Generasi, SMPN 29 Makassar Gelar Amaliyah Ramadhan dan Sejumlah Lomba Yang Mendidik

Bagikan :

MAKASSAR, MNC – Memaknai Ramadhan dengan kegiatan keagamaan merupakan bentuk perbuatan baik dan terpuji. Selain meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT juga memberikan nilai positif dan terpuji terhadap pribadi generasi muslim.

Dalam memaknai edisi Ramadhan 1443 H, SMP Negeri 29 Makassar mengisinya dengan kegiatan keagamaan saat ramadhan serta membuat aneka perlombaan yang mendidik bagi anak didik SMPN 29.

Kegiatan ini digelar tanggal 25 hingga 27 April 2022,

Sasaran utama kegiatan amaliyah ramadhan tersebut dilakukan agar peserta didik semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Selain itu, bentuk upaya pihak sekolah yang berlokasi di jalan Andi Mappanyukki kecamatan Mamajang itu membentuk karakter dan perubahan sikap anak didik kearah yang positif.

Baca Juga :  Alumni Unhas Angkatan 79 akan Gelar Reuni ke 41

Selama perlombaan di gelar di sekolah, peserta didik wajib mengenakan busana muslim saat mengikuti lomba. Adapun yang di lombakan yaitu Tadarrus Al-Quran, bacaan surah pendek, praktek Azan, praktek Shalat dan Kaligrafi. Dan siswa-siswi peraih juara 1, 2 dan 3 saat akhir perlombaan, pihak sekolah memberikan hadiah yang memuaskan.

Membina Pribadi Generasi, SMPN 29 Makassar Gelar Amaliyah Ramadhan dan Sejumlah Lomba Yang Mendidik

Penyerahan hadiah kepada siswa yang menjuarai lomba saat kegiatan amaliyah ramadhan di SMPN 29

Menurut Kepala UPT SPF SMPN 29 Makassar, Abdul Latif, S.Pd M.Pd, sebelum kegiatan lomba, selama sehari para siswa diberikan teori tentang pentingnya mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan keagamaan. Dalam kesempatan itu juga diberikan penjelasan tentang tata cara dan aturan dalam mengikuti perlombaan.

Baca Juga :  IGI Sulsel Gelar Webiner International Pembelajaran di Beberapa Negara di Masa Covid 19

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan SMP 29. Selain disampaikan pesan positif yang ditinjau dari segi agama Islam, banyak pengetahuan tentang ramadhan yang di berikan kepada siswa,” katanya.

Dari kegiatan ini kata Latif, siswa diarahkan dan di ajak untuk mendalami Al quran melalui bacaan surah-surah, praktek azan dan praktek shalat sehingga siswa akan lebih semangat melakukan rutinitas ibadah. Selain itu, menjadi momentum bagi sekolah untuk melakukan perubahan sikap dan membentuk karakter siswa lebih baik.

Baca Juga :  Rapat Pleno Dewan Guru Perihal Penentuan Kelulusan dan Kenaikan Kelas

Sementara itu,.Wakasek Kurikulum Haji Tasdin yang merupakan guru pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat mengapresiasi pelaksanaan amaliyah ramadhan dan lomba yang diselenggarakan di SMPN 29 Makassar pada bulan suci ramadhan.

Untuk diketahui, tema yang diangkat kegiatan amaliyah ramadhan kali ini “Membina Generasi Berkepribadian Berakhlatul Karimah dan Bertakwa Kepada Allah SWT”.

(RuRi/MNC)

Comment