Mengapa KPUD Nunukan Menelpon Calon Wabup ? Begini Sebabnya…

Spread the love

NUNUKAN, MNC – Untuk memastikan calon Wakil Bupati Nunukan Muhammad Nasir, apakah bersedia dipasangkan dengan calon Bupati H. Danni Iskandar, oleh partai yang mengusung kedua pasangan ini.

Sesuai dengan PKPU, anggota KPUD Nunukan, Kaharuddin melakukan hubungan telepon kepada Muhammad Nasir, dan menanyakan apakah Muhammad Nasir bersedia dipasangankan sebagai calon Wakil Bupati. Muhammad Nasir menjawab melalui sambungan telepon dirinya bersedia.

Ketua KPUD Nunukan Rahman, menjelaskan usai pendaftaran pasangan DAMAI (H. Danni Iskandar –Muhammad Nasir), Sabtu (5/9/2020).

“Berkas pencalonan sudah diterima, dimana kelengkapan dokumen sudah diperiksa serta memenuhi persyaratan, selanjutnya akan dilakukan verifikasi dokumen dimana proses verifikasi hingga tanggal 12 September 2020.”

Apabila berkas sudah memenuhi syarat, dan sesuai ketentuan. Maka proses akan berlanjut dan jika sebaliknya, KPU akan memberikan waktu untuk perbaikan. Dimana nanti ada proses tanggapan masyarakat.

“Semua proses akan berlangsung secara transparan, dan tanggapan dari masyarakat akan ditunggu, untuk proses verifikasi kita akan periksa, apakah memenuhi syarat atau tidak, dan jika memenuhi segala persyaratan akan diproses lebih lanjut dan jika tidak, KPUD memberikan kesempatan kepada pasangan calon untuk memperbaikinya,” jelas Rahman.

Menjawab ketidak hadiran Muhammad Nasir, Rahman mengungkapkan, KPUD Nunukan sudah menerima surat keterangan sakit yang bisa dipertanggung jawabkan. Dengan demikian tidak ada permasalahan berarti yang menjadi kendala, serta tidak beresiko menggugurkan pencalonan.

‘’Dalam PKPU Nomor 10 tahun 2020 tentang pencalonan sudah dijelaskan, tapi dalam tahap pemeriksaan kesehatan, dia (Muhammad Nasir, red) KPUD Nunukan belum bisa merekomendasikan pemeriksaannya ketika dia sakit, nanti sembuh baru KPUD Nunukab memberi rekomendasi untuk medical ceck up di RSUD Tarakan, tidak ada batasan waktu sampai kapan, pokoknya begitu sembuh baru kita berikan rekomendasinya,’’ pungkas Ketua KPU.

Terhitung sejak tanggal 4 sampai 6 September 2020, KPUD Nunukan telah membuka pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati, sesuai dengan laporan dari masing – masing Tim Pemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang diterima KPUD Nunukan, pasangan Hj. Asmin Laura Hafid – Hanafiah (AMANAH) akan mendaftarkan diri pada Minggu 6 September 2020 sekitar pukul 8.30 wita.

Sementara untuk pemeriksaan kesehatan yang sudah dijadwalkan oleh KPUD Nunukan, pasangan H. Danni Iskandar – Muhammad Nasir (DAMAI) dijadwalkan pada tanggal 7 – 8 September 2020. Serta Hj. Asmin Laura Hafid – Hanafiah pada tanggal 9 – 10 September 2020.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *