Penutupan Uji Kompetensi Wartawan ke-23 Parepare, UKW Ciptakan Standar Wartawan

Bagikan :

PAREPARE, MNC – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke-23 di Kota Parepare telah berakhir. Berdasarkan hasil penilaian Tim Penguji yang beranggotakan 7 orang, dari 41 peserta yang ikut, 34 peserta dinyatakan kompeten (lulus) dan 7 orang belum kompeten (tidak lulus).

Secara resmi, UKW ditutup oleh Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat, Sasongko Tedjo, berlangsung di Hotel Bukit Kenari Kota Parepare, Minggu, (27/6/2021). Dihadiri, Wakil Ketua Dewan Pers yang juga penguji Hendry CH Bangun, Pengurus PWI Sulsel, Ketua PWI Kota PWI Parepare-Barru Andi Mulyadi dan Ketua PWI Kabupaten Kota, serta Ketua Panitia Pelaksana Rusli Amirullah.

Hasil akhir dari UKW tersebut memberikan gambaran nyata bahwa, pelaksanaan uji kompetensi bagi wartawan ini bukan formalitas belaka. Para wartawan sebagai peserta betul-betul dituntut memiliki kemampuan untuk mencapai standar yang disyaratkan UKW sesuai jenjang kewartawanan yang diujikan. Terbukti, ada peserta yang lulus (kompeten) dan ada yang tidak lulus (tidak kompeten).

Baca Juga :  Cegah Covid-19, PWI Pinrang Bagikan Ribuan Masker

Sekretaris Dewan Kehormatan Pusat, Sasongko Tedjo dalam sambutannya lebih awal menyampaikan terima kasih kepada PWI Parepare-Barru selaku penyelenggara UKW, dan Pemkot Parepare selaku tuan rumah. “Pelayanannya sangat baik dan berkesan. Terima kasih kepada PWI Kota Parepare dan Pemkot Parepare, atas pelayanannya dan pelaksanaan UKW yang kami nilai sangat baik dan sukses, “tuturnya mengapresiasi.

Sasongko Tedjo, yang juga sebagai penguji (asesor) mengucapkan selamat kepada 34 peserta yang berhasil (kompeten). Sedangkan kepada yang belum berhasil (belum kompeten), petinggi PWI itu juga mengucapkan selamat untuk terus belajar karena masih punya kesempatan 6 bulan untuk meningkatkan kompetensi (maksudnya, untuk ikut UKW lagi).

Baca Juga :  Semarak, Raker PWI Pinrang Dihadiri Puluhan Wartawan

Sasongko Tedjo, tokoh penguji PWI Dewan Pers yang juga salah satu dari 7 penguji (asesor) menegaskan, UKW yang bertujuan menciptakan wartawan yang ber-kompeten untuk meningkatkan kualitas wartawan. “Kita harus menjaga citra wartawan, menjaga harkat dan martabat wartawan,” ujarnya. Selama ini, lanjutnya, tidak ada standar wartawan, makanya ada UKW ini untuk menciptakan standar wartawan sesuai Kode Etik Junalistik, memiliki kompetensi dan professional dalam menjalankan tugasnya. (MARNI-ABDUL/MNC)

Baca Juga :  Kesan dari Uji Kompetensi Wartawan ke-23 di Parepare (1) Tim Penguji UKW Kunjungi Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun

 

Penutupan Uji Kompetensi Wartawan ke-23 Parepare, UKW Ciptakan Standar Wartawan

Penguji, Pengurus PWI Sulsel bersama Plt Ketua PWI Parepare Andi Mulyadi dan Panitia Pelaksana UKW Angkatan ke 23 (FOTO : ERNAWATI/MERPOS)

 

Penutupan Uji Kompetensi Wartawan ke-23 Parepare, UKW Ciptakan Standar Wartawan

Para Penguji dan Peserta UKW PWI Parepare, Sulsel – Dewan Pers Angkatan 23 (FOTO : DOK/MNC)

 

Comment