Positif Covid 8 Pemain, Shin Tae-yong Bingung. Timnas Tetap Solid Bungkam Timor Leste, 3-0

Bagikan :

GIANJAR, MNC – Laga kedua yang bertajuk FIFA Macthday Timnas Indonesia berhasil membungkan Timor Leste dengan skor 3-0, tanpa balas. Yang khas dari laga ini, ketiga gol yang tercipta, tiga-tiganya dibukukan oleh pemain asal Papua.

Tentu saja ini mengindikasikan bahwa Papua merupakan salah satu daerah lumbung pemain bintang di negeri ini.

Di laga kedua ini mungkin publik sepak bola ada yang bertanya-tanya, kemana Evan Dimas, Irfan Jaya, Rizky Ridho dan sejumlah pemain pilar lainnya tidak diturunkan? Apakah ini taktik baru bagi pelatih Shin Tae-yong (STy)?

Usai laga, STy dalam keterangan persnya baru mengungkap bahwa 8 pemainnya, termasuk Kapten Timnas Evan Dimas, positif covid 19.

Kedelapan pemain yang dimaksudkan, Evan Dimas, Irfan Jaya Rezky Ridho, Hanis Saghara, Mohamad Rafli, Adi Satria dan Syahrul Triana. Termasuk, Syahrian Abimanyu yang juga berkutak cedera.

Pelatih asal Korea itu mengaku telah menerapkan prokes dengan baik dan mengikuti tahap-tahap pemeriksaan kesehatan pemain sesuai aturan. “Saya bingung juga mengapa bisa terjadi, ” kilah STy. Namun, ia cukup puas dengan hasil yang dicapai timnas, tapi bisa lebih dari itu kalau tak terjadi sepeti ini (maksudnya pandemi).

Baca Juga :  Idola Baru PSM itu Bernama llham Udin Armaiyn

Praktis, Timnas di laga kedua ini hanya diperkuat 16 pemain atau hanya 5 cadangan. Meski demikian, Skuad Garuda tampil baik. Laga kedua FIFA Matchday Timnas Indonesia melawan Timor Leste, berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianjar, Minggu, (30/01/2021).

Positif Covid 8 Pemain, Shin Tae-yong Bingung. Timnas Tetap Solid Bungkam Timor Leste, 3-0

Pelatih Shin Tae-yong bingung dan merasa kecolongan, 8 anak buahnya positif covid 19 (Foto: Dok PSSI).

Berikutnya Timnas Duel Kroasia

Sejak kick off, laga berlangsung seru.Timnas Indonesia tak mau lagi membuat lawan lebih awal unggul seperti laga pertama, 3 hari sebelumnya di stadion yang sama.

Bahkan skuad Garuda justru membuat Timor Leste yang kecolongan menit-menit awal laga. Gol pertama Skuad Garuda merupakan gol cepat yang dicetak Terens Ruhiri pada menit ke-5. Terens Ruhiri pemain asal Papua yang direktut Timnas dari klubnya Borneo FC.

Sedangkan gol kedua dikemas pemain muda, pilar timnas Ramai Rumakiek juga asal Papua. Golnya dinilai berkelas sebab ketika Ramai Rumakiek menerima bola di lapangan tengah, dengan skil individu yang mumpuni Ramai berhasil melewati sejumlah pemain Timor Leste.

Baca Juga :  Kejurda Pencat Silat Pelajar SulSel, Kontingen Sidrap Posisi Kedua Setelah Soppeng Teratas

Ramai Rumakiek kemudian melesatkan tendangan jarak jauh yang melambung terukur, merobek gawàng Timor Leste pada menit ke-41. Skor 2-0 untuk Indonesia yang bertahan hingga jedah babak pertama.

Di babak kedua, Timnas yang terlihat lebih padu permainannya kian menguasai bola. Dua amunisi baru, Marselino Ferdinan dari Persebaya dan Ronaldo Kawateh dari Madura tampil cukup agresif, namun belum bisa mengemas gol. Marselino misalnya, tercatat sedikitnya tiga tendangan on target tapi masih bisa diblok penjaga gawang Timor Leste.

Sementara Tim berjuluk The Crocodile, Timor Leste terus berupaya melakukan counter attack tapi tak mampu menembus pretahanan Timnas yang dikawal Fakhruddin (kapten), Alfeandra Dewangga dan Bayu Mohamad Fikri.

Satu momen ketika kelihatan para pemain Timor Leste fokus menyerang, Timor Leste sedikit lengah. Ricky Kambuaya, secara simultan menyusup ke jantung pertahanan Timor Leste. Ricky Kambuaya berhasil melewati bek Timor Leste kemudian menaklukkan penjaga gawang.

Baca Juga :  Ketum PBSI, Agung Firman Ambisi Indonesia Juara Piala Sudirman

Pilar timnas tak tergantikan di Piala AFF di Singapura, Ricky Kambuaya, juga asal Papua, menciptakan gol cantik pada menit ke-71. Sekaligus memperbesar keunggulan Indonesia jadi 3-0. yang bertahan hingga akhir laga.

Sebagaimana diketahui, laga pertama di stadion yang sama, Timnas mengalahkan Timor Leste dengan skor telak, 4-1. Praktis dalam dua kali laga, Timnas Indonesia menang telak dengan akumulasi skor 7-1.

Kemenangan Timnas senior ini tentunya melegakan publik sepak bola tanah air. Bahkan akan mendongkrak peringkat FIFA Timnas Indonesia. Selanjutnya, sebagai rangkaian FIFA Matchday, Timnas akan menghadapi ujian berat melawan tim kuat Eropa.

Ketum PSSI Mohamad Iriawan telah menyurat ke Timnas Kroasia (peringkat 15), Uzbekistan (peringkat 84) dan Tajikistan (peringkat 116). Dari laga ujicoba dan TC Timnas senior di Bali juga menjadi ajang seleksi pelatih Shin Tae-yong untuk mempersiapkan Timnas U-23 mengikuti AFF Cup U-23 yang bakal berlangsung, 14 – 26 Februari 2022 ini. (ABDUL).

Positif Covid 8 Pemain, Shin Tae-yong Bingung. Timnas Tetap Solid Bungkam Timor Leste, 3-0

Cetak gol ketiga Timnas, Ricky Kambuaya dkk berselebrasi (Foto : Indosport)

Comment