PSM Tumbangkan Tuan Rumah Arema FC, 1-0, Pluim Ukir Rekor Gol Tercepat Sepanjang Sejarah

Bagikan :

MALANG, MNC – Sinyal positif menyertai PSM Makassar mengawali debutnya di ajang Piala Presiden 2022. Di laga perdana melawan Arema FC, PSM menumbangkan tuan rumah Arema FC dengan skor tipis 2 -1 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu,(11/6/2022).

Gol diciptakan ‘Sang Jenderal Lapangan’ Wiljan Pluim detik ke-32 menit ke-1 babak pertama. Gol ‘kilat’ PSM tersebut membuat suasana laga langsung seru. Arema FC tentu kaget dengan ‘kejutan’ PSM tersebut. Bahkan gol setengah menit Pluim itu dinilai mengukir rekor sebagai gol tercepat sepanjang sejarah Piala Presiden.

“Biasa ji itu, Pluim kalau striker tumpul, dia yang berusaha cetak gol,” ujar Fadil, pendukung setia PSM di Makassar, Minggu, (12/6/2022) dalam dialeg lokalnya.

Fadil melihat Wiljan Pluim itu bukan hanya gocekan bolanya yang sulit dicari tandingannya beserta umpan-umpannya yang matang. Tapi juga, Pluim termasuk tajam dalam perkara mencetak bola.

Seorang pendukung fanatis PSM di Makassar, Hendra lain lagi. Hendra mengatakan, sangat wajar kalau selama bergabung Club dengan julukan heroik, “Ayam Jantan dari Timur” ini, Wiljan Pluim tak pernah tertangkap kamera pengintai PSM untuk dilepas. “Karena hampir pasti, kalau Pluim dilepas, detetan Club lain akan antri siap menadahnya,” ujar Hendra rada bermakna.

Baca Juga :  Wakil Rektor 2 UNM datang di Pinrang. Ini tujuannya...

Dengan gol cepat Pluim di awal babak pertama, sontak Arema FC kaget. Padahal Arema FC yang telah 2 kali menjadi Champion Piala Presiden (2017 dan 2019), kali ini didominasi alumni Timnas seperti Adam Alis, Hanis Shagara, Ilham Udin Armayn, Evan Dimas, Dedik Setiawan dan yang lainya.

Termasuk didukung legium asing yang performanya bagus seperti Sergio Silva, Renshi Yamaguchi dan tandemnya. Singo Edan, julukan Arema, berusaha membalasnya, namun tidak mampu menaklukkan Wiljan Pluim dengan kawan-kawan.

Bahkan pasukan Johan Alfarizi dkk, terkesan sulit menembus tembok baru PSM, Yuran Fernandes, Safruddin Thahar dan tandemnya. Termasuk didukung Muhamad Reza Arya yang juga amunisi baru di bawah mistar gawang PSM, kali ini tampil apik. Skor bertahan 1-0 untuk PSM hingga jedah babak pertama.

Di babak kedua, serangan silih bergantin pun dilakukan kedua tim. Peluang-peluang Laskar Singo Edan, julukan Arema FC, justru tak bisa berbuah gol. Sebaliknya, lagi-lagi sedikitnya 2 hingga 3 peluang Pluim nyaris memperbesar keunggulan PSM. Jelasnya, tak ada lagi gol tercipta di babak kedua sehingga skor bertahan 1-0 untuk keunggulan PSM hingga pluit panjang tanda berakhinya pertandingan.

Baca Juga :  Imbang 'Seimbang-imbangnya' Duel Singapura, Indonesia Habis-habisan Rebut Tiket Final di Leg II AFF

Striker PSM Tumpul, Arema FC Sulit Tembus PSM  

PSM Tumbangkan Tuan Rumah Arema FC, 1-0, Pluim Ukir Rekor Gol Tercepat Sepanjang Sejarah

Skuad PSM Makassar (Foto: Dok. PSM)

Sebagai catatan ringan versi MERPOSnews.com, pada laga perdana PSM vs Arema FC, dapat dipaparkan berikut ini. Pertama, menghadapi tim sekelas Arema FC dalam turnamen resmi Piala Presiden, organisasi permainan PSM terlihat mulai membaik.

Kedua, meski persiapan dan ujicoba PSM telatif singkat, namun skuad baru anak asuhan Bernardo Tavares tergambar adanya kedalam tim dan mulai klop atau terbangun chemstry pemain.

Dalam laga ini, PSM mencoba skuad terbaiknya dengan menurunkan 4 legium asingnya, Everton Nascimento, (Brazil/penyerang), Yuran Fernandes (bek/Portugal), Wiljan Plum (Belanda/midplayer) dan Kenzo Nambu (Jepang/penyerang sayap). Didukung pemain pribumi andalannya seperti Muh Arfan, Safruddin Thahar, Muh Rizky Eka, Yakob Sayuri, Yance Sayuri dan sejumlah pemainnya malah belum sempat diturunkan.

Ketiga, skuad PSM memang mampu meredam gempuran Arema FC, namun penyerang PSM belum produktif (tumpul). Everton Nascimento, asal Brazil, striker yang direkrut PSM dari Club Al Hidd SC Liga Bahrain, belum bisa menaklukkan pertahanan Arema FC. Termasuk penyerang pribumi PSM juga belum menggigit.

Baca Juga :  Musorkab KONI Pinrang Digelar 22-23 Juni ....

Keempat, Arema FC, tim yang banyak bercokol di 5 besar papan atas Liga 1 tahun lalu, tak bermain jelek. Bahkan anak asuhan Eduardo Almedia itu mampu menciptakan banyak peluang. Namun, semua peluangnya gagal. Pertahanan PSM cukup kokoh dan dewi fortune tak berpihak ke Arema FC.

Kelima, dengan kemenangan tipis 1-0 di laga perdana ini, Skuad PSM tidak patut euporia berlebihan karena laga dan tantangan masih panjang. Sementara Arema FC yang harus mengakui kemenangan PSM kali ini tentu tidak meratapi sebab laga-laga selanjutnga kesempatan untuk tampil lebih baik.

Sesuai jadwal, di Grup D Piala Presiden, PSM selanjutnya akan menjajal Persikabo, Rabu (15/6/2022) kemudian ketemu dengan Persik Kediri, Minggu, (19/6/2022). Sedangkan Arema FC akan berhadapan dengan Persik Kediri, (15/6/2022) dan Persikabo, (19/6/2022). (ABDUL/MNC).

PSM Tumbangkan Tuan Rumah Arema FC, 1-0, Pluim Ukir Rekor Gol Tercepat Sepanjang Sejarah

Tembok baru (bek asing) PSM, Yuran Fernandes berduel dengan Adam Alis (pemain gesit Arema FC) (Foto: Instagram@aremafcofficial).

Comment