Solar Langka, Ketua Kadin Sidrap Bilang Begini

Spread the love
SIDRAP, MNC — Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar sejak sebulan terakhir di Kabupaten Sidrap, disinyalir ada oknum tertentu yang melakukan spekulasi demi meraup keuntungan pribadi.
Penegasan ini disampaikan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sidrap, AM Yusuf Ruby, Kamis (6/12/2018). Menurutnya, kurangnya pasokan komoditas utama untuk kendaraan dan mesin diesel ini, perlu dipertanyakan.
“Kemarin saya baru datang dari Pulau Jawa dan berkeliling di beberapa daerah seperti Solo, Bandung, Jogya, dan sejumlah tempat lainnya, semua jenis BBM termasuk solar sama sekali tidak langka dan stoknya cukup tersedia,” jelas Yusuf di Kedai Ruby, Jalan Sam Ratulangi Pangkajene, Sidrap.
Karena itu, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Makassar ini meminta pihak Pertamina untuk segera melakukan suplai solar dengan jumlah memadai ke wilayah ini demi memenuhi kebutuhan masyarakat konsumen.
“Kelangkaan solar ini tentu berdampak luas pada peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara tidak langsung. Bayangkan, kendaraan bus angkutan umum dan truk-truk muatan barang harus antri berjam-jam di SPBU untuk mengisi BBM, sehingga perjalanan banyak menyita waktu,” papar Yusuf sesaat lalu.
Owner Hotel Grand Sidny ini juga meminta kepada pihak terkait seperti kepolisian dan pemerintah daerah untuk melakukan pengawasan dan pemantauan di lapangan apa yang menjadi penyebab utama terjadinya kelangkaan solar dewasa ini di Sidrap pada khususnya dan sejumlah daerah lainnya di Sulawesi Selatan pada umumnya.
“Kalau ada indikasi terjadi spekulasi, maka pihak berwajib harus melakukan penindakan tegas, dan bila kelangkaan ini disebabkan oleh kurangnya pasokan, tentu pihak Pertamina yang harus bertanggung jawab melakukan normalisasi,” kunci Yusuf. (Muh. Aryanda DP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *