Suguhan Tuak Manis untuk Bupati Barru dan Profesor di Acara Temu Bina Tani

Bagikan :

BARRU, MNC – Petani, Akademisi, Pemerhati Petani dan Pengusaha bersama sejumlah tokoh, yang tergabung dalam WA Grup Mari Bertani untuk Barru inisiasi acara Temu Bina Tani se-Kabupaten Barru.

Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menghadiri kegiatan ini, dalam mendukung peningkatan produksi di Kabupaten Barru di Kediaman Tokoh Petani Barru, Alyas di Batulappa, Desa Tompo Kecamatan Barru, Sabtu (19/3/2022).

Pertemuan yang digagas oleh lintas elemen pelaku dan pemerhati pertanian ini, bertujuan untuk mendalami konsep peningkatan produksi hasil pertanian. Sekaligus mengkaji solusi masalah petani terkini, disamping menggagas upaya modal usaha bagi petani.

Dalam arahannya, H.Suardi Saleh, atas nama Pemerintah Kabupaten Barru menyampaikan terima kasih dengan adanya pertemuan ini yang diinisiasi oleh para petani dengan tema “Jumpa Tani dalam Rangka Gerakan Peningkatan Pendapatan Empat Kali Lipat dengan Teknologi Padi Non Kimia (full Organik).

Baca Juga :  Sekda Barru Pimpin Rakor Bencana, Bupati Suardi Saleh Terima Laporan di Surabaya

“Dalam pelaksanaan program pembangunan pertanian di Kabupaten Barru terus kami dorong. Dengan berbagai terobosan dan inovasi dalam rangka peningkatan produktivitas, kualitas dan kontinuitas produksi pertanian,” sebut Bupati Barru yang juga anak petani ini.

Dirinya mengurai upaya Pemerintah Kabupaten Barru melalui Dinas Pertanian, yang telah menyediakan sarana dan prasarana berupa benih unggul, dam parit, embung, hand traktor, cultivator dan cobine Harvester serta lainnya.

“Petani itu pahlawan, kalau petani tidak bekerja, kita tidak bisa apa-apa, hanya di Kabuapaten Barru ada keterbatasan lahan dibandingkan daerah lain seperti Pinrang, namun demikian kita terus dorong berbagai inovasi salah satunya luas tanbah tanam, agar produksi tetap meningkat,” ujarnya.

Baca Juga :  Pembelajaran Tatap Muka, Bupati Barru Bilang Begini

Dirinya bersyukur beberapa tahun terakhir Pemerintah Pusat banyak salurkan bantuan yang masuk di Barru. Bahkan Tahun 2022 ini Kementerian Pertanian RI melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan, telah mengalokasikan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) untuk mendukung pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat Kecamatan (Konstratani), sebagai wadah dan pusat informasi terutama teknologi, pasar dan pengolahan.

Pertemuan ini menjadi istimewa dengan dihadiri pakar pertanian yang merupakan guru besar Universitas Hasanuddin yang juga putra Barru diantaranya Prof. Dr. Ir. Idris, M. Agr, dan Prof. Dr. Ir. Yunus Musa, M.Sc, yang hadir atas Insiator Pemrakarsa yakni Prof. Dr. Ir. Djuanda D, MS.

Baca Juga :  168 PNS Barru Disumpah. Begini Kata Suardi Saleh

Pemaparan Guru Besar ini masing-masing menyampaikan materi yakni Prof. Idris, (Konsep dasar kemajuan pertanian dari sudut pandang ekonomi), Prof. Yunus Musa (Edukasi bagaimana petani yang benar dan meningkatkan produksi panen) dan Prof. Djuanda D (Teknik Budidaya padi Organik).

Turut hadir Kadis Pertanian Ir. Ahmad bersama moderator H. Hasbullah Iskandar, SKM, M.Kes. Serta segenap pelaku dan pemerhati pertanian berbaur berbagi ilmu, dan silaturahmi dengan suguhan hidangan khas Bugis oleh tuan rumah semisal tuak manis. (AWA/HMS)Suguhan Tuak Manis untuk Bupati Barru dan Profesor di Acara Temu Bina Tani

Bupati Barru H.Suardi Saleh dihadapan lintas elemen pelaku dan pemerhati pertanian. (Foto : Hms)

Comment