Transportasi Bus Massal Gratis Kembali Beroperasi di Makassar

Bagikan :

MAKASSAR, MNC — Transportasi merupakan sarana utama yang menopang mobilitas masyarakat untuk melakukan berbagai aktifitas. Baik aktifitas (kegiatan) kemasyarakatan, ekonomi, rutinitas karyawan/pegawai institusi/lembaga dan organisasi, serta aneka kegiatan lainnya.

Salah satu transportasi alternatif yang dapat digunakan — utamanya masyarakat menengah ke bawah, termasuk anak-anak sekolahan dan atau siapa saja yang membutuhkan — bus transportasi massal gratis. Hal ini, penting diketahui masyarakat, termasuk masyarakat daerah yang berkunjung ke Makassar sebagai ibukota provinsi.

Model transportasi tersebut sebenarnya sudah pernah beroperasi di Kota Metro Makassar. Namun, tiba-tiba saja terhenti dengan informasi akibat pengelolaan yang buruk. Tak dijelaskan secara detail ke masyarakat, pengelolaan buruk seperti apa sehingga transportasi idola kaum marginal ketika itu mandek.

Baca Juga :  Bupati Pinrang Turun Sawah Bersama Petani Mattiro Sompe

Angin segar kembali berhembus. Transportasi massal bus akan hadir kembali di Kota Makassar dan sekitarnya. Program ini bernama Teman Bus dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (Kemenhub R.I).

Resmi Beroperasi Lagi, 15 November 2021

Rencananya, program Teman Bus akan di-launching, Sabtu, (13/11/2021), oleh Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub bersama Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaeman. Demikian pernyataan tertulis yang ter-posting di grup WhatsApp LINTAS PERISTIWA, Juma’at, (12/11/2021).

Dipaparkan, bahwa transportasi berupa bus sejatinya bukan kali pertama hadir di Makassar. Dulu moda transportasi darat ini pernah hadir, namun gagal akibat pengelolaan yang buruk.

Baca Juga :  Sekda Sidrap Hadiri Pengantar Alih Tugas Ketua PN. Begini Pesannya...

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Transportasi Mamminasata, Prayudi Syamsibar mengatakan, Teman Bus memang di-launching besok, (maksudnya 13 November 2021), namun baru secara resmi beroperasi, Senin, (15/11/2021), pekan depan.

“Untuk rencana, sehabis launching itu, uji coba. Operasional itu mulai hari Senin, (tanggal 15 November 2021), direncanakan, ” kata Prayudi.

Pasca launching, lanjut Prayudi, Teman Bus hanya melayani satu rute terlebih dahulu, dari empat rute yang sudah direncanakan. “Setelah launching kita lakukan di satu koridor dulu itu rute Mal Panakkukang-Bandara Sultan Hasanuddin,” tegasnya.

Baca Juga :  Perayaan Hari Bhayangkara ke-72 Polres Palopo Adakan Syukuran

Kepala UPT Mamminasata, Prayudi Syamsibar juga menjelaskan, Teman Bus nantinya bakal melayani empat koridor. Koridor atau rute operasional yang dimaksudkan, berikut ini.

Pertama, rute Mal Panakkukang (MP) – Bandara Sultan Hasanuddin. Kedua, rute Terminal Malengkeri – Kampus UNHAS (Universitas Hasanuddin) – Metro Tanjung Bunga. Ketiga, rute Pelabuhan – UIN (Universitas Islam Negeri) Samata. Dan keempat, rute Poltek (Politeknik) Ujung Pandang – PIP (Pendidikan Ilmu Pelayaran) Salodong, Kelurahan Untia Kecamatam Biringkanaya. (Sumber: Grup WA LINTAS PERISTIWA/ABDUL/MNC).

Transportasi Bus Massal Gratis Kembali Beroperasi di Makassar

Jl Urip Sumoharjo melintas di bawah tol layang, kelak jadi salah satu jalur rute bus gratis. (Foto: ABDUL).

Comment