Tunjukkan Tajinya, Kevin-Marcus Juara Indonesia Open 2021, Tekuk 2 Gim Langsung Andalan Jepang

Bagikan :

NUSA DUA BALI, MNC – Setelah sempat diragukan kebugarannya lantaran menjalani rentetan kejuaraan yang melelahkan, akhirnya terjawab manis. Ganda putra terbaik Indonesia, Kevin Sanjaya Sukomuljo/Marcus Fernaldi Gideon meraih Juara SimInvest Indonesia Open 2021.

Kevin-Marcus meredam keuletan ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi secara stright game dengan skor kemenangan, 21 – 14 dan 21 – 18. Laga final SimInvest Indonesia Open 2021 berlangsung di Bali International Convention Centre, Nusa Dua Bali, Minggu, (28/11/2021).

Kemenangan Kevin-Marcus tersebut langsung membayar impas kekalahannya dari ganda putra Jepang tersebut, pekan lalu. Pada babak final Daihatsu Indonesia Masters 2021, dimana Kevin-Marcus ketika itu harus puas sebagai runner up lantaran kalah rubber game dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Jalannya duel kedua ganda putra andalan pada laga final Indonesia Open 2021 ini, perolehan poinnya dari awal langsung ketat. Dari skor, 1 – 1, 2 – 1, 2 – 2, 3 – 2, 3 – 3 dan seterusnya hingga interval babak pertama Kevin-Marcus unggul hanya selisih 1 poin saja dengan skor, 11 – 10.

Seterusnya, pada poin 14 – 13, Kevin-Marcus mulai mengendalikan permainan dan Kevin-Marcus kian menunjukkan performanya dengan smash-smash keras menukik, plesing silang dan cegatan cepat yang mematikan. Kevin-Marcus meraih 5 poin berturut, dari 14 – 13, 15 -13, 16 – 13, 17 – 13 dan 18 – 13.

Baca Juga :  Tanpa Dukungan Pemkab, Perspin Pinrang Tetap Semangat ke Sulteng Jalani Leg Kedua

Setelah itu, ganda Jepang, Takuro-Yugo masih sempat memutus perolehan poin Kevin-Marcus, dengan merubah skor menjadi 18 – 14. Hanya meraih 1 poin, Kevin-Marcus kembali mengambil alih perolehan poin menjadi 19 – 14. Tak sampai di situ, Kevin-Marcus ternyata mengunci perolehan poin Takuro-Yugo pada poin 14 hingga Kevin-Marcus merebut gim pertama dengan skor kemenangan 21 – 14.

Di gim kedua, lagi-lagi terjadi perolehan poin yang ketat dan menegangkan. Sering hanya berselisih 1 – 2 poin saja dan Jepang sempat unggul pada poin 4 atau skor 2 – 4 untuk keunggulan Jepang 2 poin. Kevin-Marcus kemudian berhasil menyamakan kedududkan menjadi 4 – 4 dan malah berbalik unggul menjadi 5 – 4. Kevin-Marcus tak memberi ruang lagi pasangan Jepang untuk berbalik unggul.

Usaha keras pasangan Jepang untuk merebut gim kedua agar terjadi rubber game, sangat nampak.

Terbukti, sebelum interval babak kedua, pasangan Jepang berhasil menyamakan skor hingga 4 kali, yakni pada poin, 4 – 4, 5 – 5 , 6 – 6 dan 7 – 7. Kevin-Marcus kemudian unggul 11 – 8 pada interval babak kedua.

Baca Juga :  Hari ini PS Nene Mallomo Sidrap Bertanding di Palopo. Ini Pernyataan Manajer H Landadi...

Namun, ganda Jepang belum mau menyerah, hingga sempat menyamakan poin lagi pada skor 12 – 12 dan 17 – 17. Pada posisi poin krusial itu, Kevin-Marcus rupanya tak mau ambill reziko. The Minions, julukan spesial unggulan 1 turnamen ini tak membiarkan pasangan Jepang menyamakan kedududukan lagi. Sampai akhirnya, Kevin-Marcus merebut gim kedua dengan skor 21 – 18, atau menang 2 gim langsung dengan skor 2 gim, 21 – 14 dan 21 – 18.

Tunjukkan Tajinya, Kevin-Marcus Juara Indonesia Open 2021, Tekuk 2 Gim Langsung Andalan Jepang

Gaya Kevin-Marcus berselebrasi ketika meraih juara SimInvest Idonesia Open 2021 (Foto: Humas PBSI)

Peringkat 1 Kevin-Marcus Kian Kokoh

Pencapaian Kevin-Marcus ini otomatis kian memperkokoh posisinya sebagai ganda putra peringkat 1 dunia. Rangking 1 dunia itu telah disandang pebulutangkis Indonesia ini sejak 2017 atau telah berjalan sekira 5 tahun lebih.

Meski terkadang kalah pada sebuah turnamen, namun hingga rentang waktu 5 tahun terakhir belum pernah ada yang bisa menyalib poin atau nilainya. Sebagai bangsa Indonesia, harus mengapresiasi eksistensi legenda muda Indonesia tersebut sebagai pahlawan olanraga era milenial.

Meski di Indonensia Masters mereka tergelincir dan hanya meraih posisi ke-2, untuk mencapai babak final sebuah turnamen itu bukan perkara mudah. Apalagi Kevin-Marcus telah menyandang juara bertahan dalam 3 edisi sebelumnya.

Baca Juga :  Atlit Pinrang Raih Medali Emas Pada Balap Sepeda Putri

Sementara di Indonesia Open 2021 ini, Kevin-Marcus mengukir sejarah karena satu-satunya partai dari tim Bukutangkis Indonesia yang berhasil mencapai puncak dengan meraih juara sehjngga menuelamatkan muka Indonesia. Tak sekedar meraih juara tapi juga mempertahankan reputasinya sebagaj juara bertahan ketiga kalinya secara berturut (hattrick). Jelasnya, Kevin-Marcus juara Indonesia Open 2018, 2019 dan 2021.

Kalau di beberapa turnamen seperti Olympiade Tokyo 2020 dan Sudirman Cup 2020 di Denmark, Kevin-Marcus sempat tersandung, sehingga muncul keraguan bahkan ada pihak yang berasumsi eranya akan selesai, ternyata teredam kembali.

Momentumnya, Kevin-Marcus menjuarai Jerman Open 2021 dan kini menjuarai lagi Indonesia Open 2021 dan runner up Indonesia Masters 2021. Kemudian menunggu lagi kiprahnya di di BWF Tour Finals 2021, 1 – 5 Desember 2021 di Nusa Dua Bali. Intinya, mata dunia kembali tertuju bahwa, Kevin-Marcus tetap bertaji sebagai pebulutangkis terbaik dunia. (ABDUL).

Tunjukkan Tajinya, Kevin-Marcus Juara Indonesia Open 2021, Tekuk 2 Gim Langsung Andalan Jepang

Kevin – Marcus ketika meraih Hylo German Open 2021 (Foto: Youtube BWF TV)

 

Comment