Ujicoba Lawan Afghanistan, Pelatih Targetkan Timnas Indonesia Menang

Bagikan :

ANTALYA TURKI, MNC —Timnas Indonesia melakoni laga ujicoba internasioanal FIFA. Laga ujicoba tersebut sebagai rangkaian persiapan mengikuti Babak Kualifikasi Piala AFF 2020.

Laga ujicoba pertama Timnas senior ini akan berhadapan dengan Timnas Afghanistan, yang disiarkan langsung Indosiar, Selasa, (16/11/2021), pukul 21.00 WIB.

Sebagai rangkaian ujicoba, anak asuhan pelatih Shin Tae-yong (STy) juga mengikuti TC (Training Centre) dan telah tiba di Antalya, Turki sejak, Jum’at, (12/11/2021) sekira pukul 10.45 WIB, setelah menempuh penerbangan dari Bandara Soekatno Hatta, Tangeran ke Turki selama 12 jam.

Pelatih STy membawa 26 pemain, termasuk Egy Maulana Vikri yang main di FK Senica Slovakia, Witan Sulaeman yang merumput di Lechia Gdansk Polandia dan Asnawi Mangku Alam Bahar dari Ansan Greenees Korea Selatan. Dan amunisi baru, pemain naturalisasi Elkan Bagott dan Ezra Walian.

Baca Juga :  Ketua Perbasi Pinrang Harapkan Atlet-Atlet Memberikan Yang Terbaik di PraporProv Sulsel

Ketiga pemaim kunci Timnas ini juga dikabarkan sudah bergabung dengan teman-temannya. Kecuali Syahrian Abimanyu dari Selangor FC Malaysia tak diberangkatkan karena cidera hamstring.

STy Diharap Ukir Sejarah BaruUjicoba Lawan Afghanistan, Pelatih Targetkan Timnas Indonesia Menang

Skuat Timnas ketika latihan di Senayan, sebelum ke Turki (Foto: Dok. PSSI).

Usai ujiba dengan Afghanistan, Evan Dimas dkk akan berujicoba lagi dengan Timnas Myanmar, Kamis, (25/11/2021). Dijadwalkan tim besutan pelatih STy ini akan terus mengikuti pemusatan latihan hingga akhir November 2021. Selanjutnya, Timnas terbang ke Singapura, awal Desember 2021 untuk mengikuti Kualifikasi piala AFF awal Desember 2021.

Baca Juga :  Enam Penembak Sidrap Lolos Porprov Sulsel 2022

Meski hanya ujicoba, STy tetap mentargetkan Timnas menang dalam 2 laga tersebut dengan asumsi untuk menaikkan peringkat FIFA Indonesia. STy mengakui waktu latihan masih kurang, maka dua hal yang menjadi perhatiannya yakni, recovery dan taktikal.

“Karena kami tidak banyak waktu. Jadi akan banyak latihan pemulihan dan fokus organisasi tim, ” kilahnya di Youtube PSSI.

Sebagaimana diketahui, Timnas yang kini merangsek ke peringkat 165 dunia berhasi lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2020. Target terdekatnya, berupaya lolos ke putaran Final Poala Asia yang selama ini hanya menjadi impian yang tak pernah terwujud jadi kenyataan.

Baca Juga :  Pengelolah Lapangan Desa Bojo Kabupaten Barru Terbentuk

Menjadi semacam pertaruhan moral bagi pelatih Shin Tae-yong untuk menunjukkan kinerja dan prestisius. Dengan konsepnya yang memberdayakan lebih banyak pemain muda.

Di ajang kualifikasi Piala AFF 2020, tantangannya, Indonesia berada di Grup B. Di grup B, Indonesia akan bersaing dengan Kamboja, Laos, Vietnam dan Malaysia.

Harapannya semoga srategi dan racikan jitu pelatih yang pernah mendampingi Timnas Korsel di piala dunia ini, dapat mengukir sejarah baru bagi perkembangan sepak bola Indonesia. (ABDUL)

Ujicoba Lawan Afghanistan, Pelatih Targetkan Timnas Indonesia Menang

Shin Tae-yong berikan arahan ke skuat Timnas, 2 hari sebelum terbang ke Turki. (Foto: Bola Sport.com)

 

,

Comment