Pengurus Ranting IPI Sidrap Dilantik, Ini Harapan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan

Bagikan :

SIDRAP, MNC — Pengurus Ranting Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Sidenreng Rappang Periode 2021-2024resmi dilantik, Sabtu (3/7/2021).

Pelantikan menerapkan protokol kesehatan 3M, berlangsung di Aula Kompleks SKPD Sidrap.

Pelantikan dilakukan Ketua Pengurus Cabang IPI Sidrap, Rahmat Hidayat, S. Sos, M.A.P, disaksikan Kepala Dinas Perpustakan dan Kearsipan selaku Pembina IPI Sidrap, Wahidah Alwi SP. MM, serta Ketua IPI Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Quraisy Mathar, S.sos. M. Hum, secara vistual lewat aplikasi Zoom.

Terdapat tiga pengurus ranting yang dilantik. Ranting Satu yang meliputi Kecamatan Watang Sidenreng, Dua pitue, Pitu Riawa, dan Pitu Riase, diketuai Hasnawati beranggotakan 24 orang.

Ranting Dua (Panca rijang, Baranti, Kulo) dipimpin Mu’min, A. Ma.Pust, dengan 26 Orang. Ranting Tiga (Maritengngae, Watang Pulu, Tellu Limpoe, Panca Lautang) memiliki 24 orang anggota, di mana Hamsa sebagai ketuanya.

Baca Juga :  Giliran KeBugis Bantu Penanganan Covid-19 di Sidrap, Mereka Sumbangkan Ini

Mu’min, mewakili para pengurus ranting berharap organisasi IPI bisa menjadi penyambung atau jembatan aspirasi para pustakawan di Kabupaten Sidrap.

“Terima kasih khusus pada Ibu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan selaku pembina IPI Kabupaten Sidrap dan Ketua IPI Provinsi Sulsel atas perhatiannya. Semoga ini membantu kami sebagai pustakawan bisa disertakan dengan guru- guru yang ada di sekolah, baik dalam hal tunjangan maupun lain-lain,” kata Mu’min.

Ketua IPI Sidrap, Rahmat Hidayat mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para pengurus atas partisipasinya bergabung di wadah organisasi itu.

“Berorganisasilah sesuai aturan yang berlaku, jalankan amanah Undang-undang, bela kepentingan rakyat, berikanlah pencerahan pada masyarakat, di sini adalah tempat belajar dan terus belajar,” lontarnya.

Baca Juga :  Atasi Keresahan Petani di Sekitar Danau Sidenreng dan Sungai Rappang, Pemkab Sidrap Luncurkan Program 'SERASI'

Rahmat mengungkap, Bupati Sidrap, H. Dollah Mando saat audiensi beberapa waktu lalu, sangat berharap kehadiran wadah IPI menjadikan pustakawan khususnya di Kabupaten Sidrap lebih terkoodinir dan terarah.

“Lebih terarah melaksanakan pengelolaan pelayanan pustakawan, meningkatkan kapasitas, berinovasi, memperlihatkan kinerja agar peran pustakawan dirasakan oleh masyarakat. Jaga kekompakan dan bekerja ikhlas semoga Allah memberikan keberkahan dalam aktivitas kita,” tandas Rahmat.

Sementara Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sidrap, Wahidah Alwi menyampaikan ucapan Selamat kepada para Pengurus Ranting IPI Sidrap yang baru dilantik. Ia lalu menerangkan, paradigma perpustakaan sekarang berubah, sehingga pustakawannya juga wajib berubah.

“Pustakawan bukan lagi sekedar bertanggung jawab terhadap pengolahan dan pelayanan bahan pustaka tapi harus juga mampu transfer knowledge, pengetahuan, keahlian dan sikap. Mampu menjalankan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial,” paparnya.

Baca Juga :  Pemkab Sidrap Gelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Implementasi SIPD

Ditambahkannya, perpustakaan sekarang tidak hanya dituntut mampu mewujudkan tujuan nasional mencerdaskan kehidupan bangsa, tapi juga diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat.

“Jika pustakawan mampu menjalankan prinsip layanan perpustakaan, membuat perpustakaan tetap dan semakin dicari, mengubah situasi pandemi menjadi benefit dan profit, dan menjadikan peran pustakawan semakin bersemi. Pustakawan Berkarya Maka Masyarakat Sejahtera,” tuturnya.

Ia juga berpesan agar organisasi profesi IPI bisa menjadiwadah, tempat berkumpul bertukar pikiran, mengembangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan. “Ini media memperkenalkan profesi pustakawan kepada masyarakat, untuk itu jalin kerjasama formal maupun informal, dan selalu mampu membawa nama harum organisasi di masing-masing level wilayah” kuncinya. DP

Comment