BBPSDMP Kominfo Makassar bersama Kominfo Sidrap Gelar DEA, Ini Tujuannya

Bagikan :

SIDRAP, MNC — Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Makassar bekerjasama Kominfo Sidrap menggelar pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) dengan tema “Memulai Berwirausaha Secara Digital”.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, mulai 13 Juli hingga 14 Juli 2021 di Ballroom Al-Goni Hotel Grand Sidny.

Acara dibuka oleh Bupati Sidrap diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, A. Faisal Burhanuddin. Turut dihadiri Plt BBPSDMP Makassar Junaidi Aspan, Kadis Kominfo Sidrap, H. Bachtiar, Perwakilan Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Selatan, Nasruddin.

Pelatihan ini diikuti oleh peserta dari Kabupaten Sidrap dan telah sebelumnya diwajibkan rapid test antigen Covid-19.

Baca Juga :  Wabup Sidrap Imbau Warga Kenakan Masker Saat Keluar Rumah

Mengawali sambutan Plt Kepala BBPSDMP Makassar, Junaidi Aspan mengatakan kegiatan untuk melatih para pelaku atau calon pelaku usaha yang ada di Kabupaten Sidrap sehingga ke depan produk yang dimiliki dapat lebih mudah dipasarkan.

“Tentunya melalui kegiatan ini dapat memberikan bekal kepada pelaku usaha untuk kedepannya bagaimana dapat memasarkan produknya baik itu dalam negeri maupun ke luar negeri. Selain itu kegiatan ini juga dalam rangka menciptakan SDM unggul dalam menghadapi industri 4.0.”ucapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Andi Faisal Burhanuddin sangat mengapresiasi BBPSDMP yang telah memilih Kabupaten Sidrap sebagai salah satu tempat penyelenggara pelatihan Digital Enterpreunership Academy (DEA).

Baca Juga :  Gelar Sosialisasi PBB-P2 ke Seluruh Kecamatan, Bapenda Sidrap Mulai di Dua Wilayah Ini

Ia meminta agar para peserta bisa maksimal mengikuti rangkaian kegiatan secara seksama sehingga dapat diimplementasikan pengetahuan berwirausaha secara digital untuk memasuki era persaingan ekonomi saat ini.

Pemerintah Kabupaten Sidrap, kata Faisal berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan UMKM yang tercermin dalam visi Kabupaten Sidrap yakni memajukan usaha agrobisnis, UMKM dan pengembangan industri pengelolahan hasil usaha pertanian dengan penerapan konsep petik, olah, kemas dan jual.

“Tentunya dengan kegiatan pelatihan DEA ini bukan yang pertama dan terakhir, tetapi dapat berkelanjutan kedepan” harapnya

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan DEA ini merupakan salahsatu upaya untuk meningkatkan kualitas UMKM agar siap dan mampu menghadapi persaingan ekonomi dan tantangan dimasa pandemi.

Baca Juga :  Tim Penyusun RKPD dan TAPD Sidrap Gelar Rapat Koordinasi

“Melalui kesempatan ini, pemerintah dan masyarakat kabupaten sidrap mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Kominfo melalui BBPSDMP Kominfo Makassar yang telah membantu pemerintah kabupaten sidrap dalam mewujudkan UMKM yang digital dan memiliki daya saing bisnis melalui pelatihan DEA ini,” pungkas Faisal sekaligus membukan kegiatan pelatihan

Pada kegiatan hari pertama, panitia menghadirian pemateri dari Kantor Wilayah DJBC Sulawesi Bagian Selatan dan pemateri lokal dalam hal ini Dinas Kominfo Sidrap. DP

Comment