22 Kelurahan di Kota Parepare, Disiapkan Budidaya Pepaya California. Begini Penjelasan DKP…

Bagikan :

PAREPARE, MNC- Program mengembangkan budidaya pepaya jenis California.Tahap awal akan dilaksanakan di seluruh titik Ruang Terbuka Hijau (RTH), pada 22 kelurahan yang tersebar di empat kecamatan.

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Parepare, menyiapkan 1.500 bibit pohon pepaya California yang bisa ditanam.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare, Muhammad Nur mengatakan, program Parepare California merupakan inovasi dalam memperkenalkan buah pepaya California, yang saat ini semakin familiar di masyarakat.

Selain unggul dalam rasa, pepaya California dengan pohon yang rendah ini, juga dapat menambah estetika, sebut Kadis DKP.

Baca Juga :  Seperti ini Bantuan Erna Rasyid Taufan, Untuk Korban Kebakaran di Sumpang Minangae

“Pohon pepaya California juga bermanfaat sebagai tanaman penghijauan,” tambah Muhammad Nur, dalam keterangannya pada Juma’t (24/7/2020).

Muhammad Nur menjelaskan, melalui program ini diharapkan terwujud visi misi Pemkot Parepare. Menjadikan daerah ini sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap, baik pada pilar kepariwisataan, pendidikan, maupun kesehatan.

Jika budidaya pepaya California berjalan sesuai target, kata Muhammad Nur, maka diprediksi pada 2021 mendatang, hasilnya sudah bisa dipanen, berdasarkan masa berbuah pepaya California yang membutuhkan waktu antara enam hingga tujuh bulan.

Baca Juga :  412 Peserta Ujian SKB CPNS Parepare Lulus, 5 Gugur Lantaran...

“Dan itu akan menjadi salah satu potensi di sektor pariwisata, tentunya. Pohonnya yang pendek dan bisa dijangkau dengan tangan, memungkinan untuk wisata petik pepaya California. Tentu juga bernilai edukasi dan kesehatan,” papar Muhammad Nur.

Andi Paulangi, Kasubag Program dan Keuangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare menambahkan, sejauh ini konsep RTH lebih fokus ke tanaman bunga – bungaan. Melalui budidaya pepaya California, mindset berupaya diubah.

Baca Juga :  Wali Kota Parepare Turun Langsung Memantau Rapid Test Massal di Kalangan Masyarakat

“Sudah dua kelurahan yang kami sasar untuk program ini, di antaranya Kelurahan Tiro Sompe dan Kelurahan Galung Maloang,” katanya.

Terpisah, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, meminta semua SKPD agar berinovasi dan membuat program dalam mewujudkan visi misi Parepare, sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap.

“Kita sudah canangkan tahun inovasi bagi semua SKPD, dan inovasi yang dibuat harus sejalan dengan visi misi dalam menjadikan Parepare Kota Industri Tanpa Cerobong Asap,” harap Taufan Pawe.

(NURMAS/MNC)

22 Kelurahan di Kota Parepare, Disiapkan Budidaya Pepaya California. Begini Penjelasan DKP...

Comment