Karang Taruna Kelurahan Batu Sidrap Diharap Bersinergi dengan Pemerintah

Bagikan :

SIDRAP. MNC — Pengurus Karang Taruna Kelurahan Batu, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap resmi dilantik, Rabu (16/9/2021). Pelantikan berlangsung di aula kantor kelurahan setempat.

Pengurus yang dilantik yakni Sainal Ma’arif, SH sebagai ketua,
Apriani, S.Sos. (sekretaris), dan Juliati, S.Ip (bendahara), serta sejumlah bidang. Mereka dilantik Lurah Batu, H. Rais.

Hadir menyaksikan pelantikan tersebut, Ketua Karang Taruna Sidrap, Muhammad Yusuf DM, Camat Pitu Riase, Andi Mukti Ali, Sekretaris Karang Taruna Sidrap, La Colli, dan Ketua Karang Taruna Pitu Riase, Sirajuddin. Tampak pula tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kelurahan Batu, serta beberapa pengurus Karang Taruna Sidrap.

Andi Mukti Ali dalam sambutannya menginginkan agar karang taruna yang telah dibentuk berjalan dan menampakkan kegiatannya. Kegiatan-kegiatan Karang Taruna Kabupaten Sidrap, imbuhnya, bisa menjadi insprasi kegiatan Karang Taruna Batu.

Baca Juga :  Tripika Kahu Bone Gencar Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

“Kegiatan di karang taruna kabupaten semakin intens, contohnya saat bencana di Mamuju, Karang Taruna Sidrap langsung bergerak,” ungkap Andi Mukti.

Ia juga mengajak para kader karang taruna membantu dan bersinergi dengan pemerintah
dalam pemberdayaan pemuda. “Di sini banyak pemuda yang bisa dibina dari berbagiam macam keahlian, dan itu harus dibina dengan serius,“ katanya.

Selanjutnya Andi Mukti mengatakan, Kelurahan Batu memiliki Sungai Lampang yang berpotensi menarik minat wisatawan. “Ini perlu kita dorong agar potensi wisata ini bisa lebih menarik minat wisatawan, sehingga bisa membantu peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,” tandasnya.

Baca Juga :  Bupati Lutim Ajak Umat Islam Tegakkan Sholat Lima Waktu

Sementara itu Muhammad Yusuf DM, menjelaskan, karang taruna basic-nya adalah kegiatan sosial. “Harus ditanamkan bahwa orang yang bergabung di karang taruna, memiliki jiwa sosial yang tinggi, membantu tanpa pamrih,” lontarnya.

Dhony, sapaan akrabnya, memaparkan, hingga saat ini Karang Taruna Sidrap tetap berkiprah pada setiap kegiatan kemasyarakatan dan mendukung program pemerintah daerah, salah satunya dalam penanganan covid-19.

“Pertama kali melakukan penyemprotan disinfektan adalah karang taruna,” bebernya.

Ia juga mengajak seluruh kader Karang Taruna Batu untuk turut memberikan sosialisasi terkait vaksinasi. Menurutnya, banyak isu yang beredar bahwa vaksin covid-19 berbahaya dan bisa mengakibatkan cacat.

“Saya mengajak kepada teman-teman untuk bersama menangkal hoax tentang vaksinasi. Saya adalah orang pertama disuntik vaksin di Sidrap. Alhamdulillah, sampai saat ini saya masih sehat walafiat dan bisa berdiri di depan teman-teman sekalian,” lanjutnya.

Baca Juga :  138 Pasangan Suami Istri di Soppeng di Sidang. Mengapa ?

Di bagian lain Dhony menyampaikan, Karang Taruna Kabupaten Sidrap saat ini memicu potensi industri kreatif yang ada di desa/kelurahan.

“Seperti proses pembuata gula semut yang ada di Desa Lombo dan pengolahan limbah Kaca menjadi kerajinan rumah tangga yang ada di Kulo. Itu adalah inovasi yang sangat bagus untuk menjadi potensi penghasilan bagi masyarakat,” ucapnya .

Tidak lupa, Ia mengimbau Karang Taruna Batu dapat membantu pemerintah kelurahan setempat, dalam melaksanakan program pemerintahan dan kemasyarakatan. DP

Comment