Aksi Pemuda di Bumi Lasinrang, Peringati Hari Bersih-bersih Sedunia

Bagikan :

PINRANG, MNC — Hari Bersih-bersih Sedunia diperingati 18 – 19 September 2021, yang dikenal dengan sebutan World Cleanup Day (WCD). WCD yakni salah satu gerakan sosial terbesar di dunia. Yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara, untuk membersihkan planet bumi.

Aksi World Cleanup Day sendiri. merupakan aksi bersih-bersih serentak pada tahun 2008 yang diinisiasi pertama kali oleh, organisasi masyarakat di Estonia Eropa Utara dengan sebutan Let’s Do It. Yang mana kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan 50.000 orang, untuk membersihkan seluruh negara dalam waktu lima jam.

Seperti di Kabupaten Pinrang, ratusan komunitas dan masyarakat ikut serta berpartisipasi pada kegiatan tersebut, Tim World Cleanup Day Indonesia 2021 tersebar di beberapa titik di Bumi Lasinrang ini.

Baca Juga :  Karang Taruna Sidrap Salurkan Bantuan ke Korban Gempa di Kelurahan Rimuku Mamuju

Kegiatan WCD 2021 dalam menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, dan Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: S.362/PSLB3/PS/KLN.2/8/2021 Tanggal 10 Agustus 2021, Perihal Dukungan Pelaksanaan Kegiatan WCD Indonesia 2021.

Sesuai dengan Surat Edaran yang telah dilayangkan tersebut. s

Seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pinrang, diminta partisipasinya dalam kegiatan ini dengan melibatkan Bank Sampah, Forum Komunikasi Bank Sampah, komunitas serta penggiat peduli lingkungan.

“Alhamdulillah di mulai hari ini Berbagai tindakan nyata kita canangkan dalam World Cleanup Day membersihkan sampah di sekitar lingkungan kita,” ujar A.Harisuddin, Relawan Karang Taruna Kabupaten Pinrang yang juga tokoh Pemuda Kecamatan Mattiro bulu di daerah setempat.

Aksi Pemuda di Bumi Lasinrang, Peringati Hari Bersih-bersih Sedunia

Aksi Bersih Komunitas dan Masyarakat Pinrang berkolaborasi. (Foto : Heril)

Lanjutnya, “Sebagai aksi sosial global tahunan ini, di mulai dari bersih – bersih lingkungan yang menjadi titik kegiatan, serta di rumah masing – masing hingga kegiatan pilah sampah dari rumah dan menabung di Bank Sampah,” lontarnya.

Baca Juga :  Peduli Sulbar, Yayasan Al Salam Syariah Dan Funcion English Course Pinrang Salurkan Bantuan Logistik Melalui DPD KKBS Pinrang.

Haris mengajak seluruh masyarakat berperan serta dalam menjaga lingkungan sekitar.

“Mari seluruh masyarakat Kabupaten Pinrang kita sukseskan kegiatan mulia ini, mari Bersatu Untuk Indonesia Bersih, dengan cara pilah sampah dari rumah demi menumbuhkan Budaya bersih dilingkungan kita,”ajaknya.

Sebelumnya, Penggerak WCD Pinrang, Ali Topan juga selalu mentor WCD mengapresiasi dukungan, dan support para komunitas dalam gerak Aksi Bersih sedunia yang digelar tahunan ini.

“Kami bersatu untuk Lingkungan selain melakukan aksi bersih-bersih, ribuan Muda-mudi dari berbagai komunitas dan organisasi di Kabupaten Pinrang, berkolabirasi memperingati Hari Bersih Sedunia atau World Cleand Up Day (WCD) dengan berbagai agenda, seperti diskusi, talk show yang menghadirkan Leader WCD Indonesia dan beberapa narasumber secara daring dan luring nantinya,”kata Ali Topan.

Baca Juga :  Lagi, Tim DPW Brigade Mesjid Sulsel Salurkan Bantuan Ke Korban Banjir Di Masamba

Ali Topan menambahkan, meski dikolaborasikan dengan berbagai organisasi maupun komunitas. Tapi aksi itu merupakan gerakan nyata Pemuda Pinrang baru berapa hari.

“Kami mengajak Alhamdulillah sudah banyak tergabung dalam aksi bersih-bersih ini, karna masih pandemi kami berharap teman-teman saat aksi atau pilah sampah dirumah tetap mematuhi protokol kesehatan,”harap Ali Topan. (HERIL/MNC)

Aksi Pemuda di Bumi Lasinrang, Peringati Hari Bersih-bersih Sedunia

Kebersamaan Warga dan TNI-Polri Pinrang, turut Peringati Hari Bersih-bersih Sedunia. (Foto : Heril)

 

Comment