Aris Asnawi : Harmonisasi PWI, Masyarakat dan Pemerintah Harus Terpelihara

Bagikan :

Sidrap, MNC — Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidrap – Enrekang, masa bakti 2019 – 2022, resmi menjalani pelantikan oleh Ketua PWI Sulsel HM Agusalim Alwi Hamu di Ballroom Al Goni Hotel Grand Zidny Pangkajene, Sidrap, Minggu (13/12/2019).

Wartawan senior Aris Asnawi menilai, acara pelantikan organisasi Pers yang dinahkodai oleh Edy Basri tersebut, berlangsung very festive dan merupakan perhelatan terakbar PWI Sidrap – Enrekang, sejak puluhan tahun lampau.

“Saya kira itu sangat luar biasa. Saya melihat momentum itu bukanlah sekadar acara seremonial pelantikan belaka, namun acara itu sarat dengan harapan besar. Kehadiran Bupati Sidrap dan Wakil Bupati Enrekang, Kapolres Sidrap, Dandim Sidrap, Wakapolres Enrekang dan sejumlah Kepala OPD Sidrap – Enrekang, Pengurus PWI Sulsel, para ketua PWI sejumlah daerah, pengusaha, aktivis organisasi kepemudaan, LSM, Tokoh agama dan lainnya.

Baca Juga :  Semarak, Raker PWI Pinrang Dihadiri Puluhan Wartawan

Juga dibanjiri ucapan selamat, menandakan Edy Basri dan segenap pengurusnya diterima oleh masyarakat dan Pemerintah,” kata Aris Asnawi, Minggu, 15 Desember 2019.

Pelantikan Ketua dan Pengurus PWI Sidrap – Enrekang, sambung mantan biro Harian Ujung pandang Ekspres Sidrap itu telah usai. Kini, pengurus PWI Sidrap – Enrekang yang baru dinantikan debutnya, untuk membawa perubahan besar, baik untuk organisasi maupun kemajuan Pers, melalui penyajian berita yang proporsional dan profesional. Baik di Sidrap maupun Enrekang.

Dalam wawancara, Aris Asnawi, mengingatkan kepada para pemburu berita, khususnya yang tergabung dalam bingkai organisasi PWI Sidrap-Enrekang. Sekiranya mampu menyesuaikan diri dengan perubahan perilaku masyarakat, yang kian terpola untuk mengakses informasi lebih cepat secara digital.

Baca Juga :  5 Peserta Diklat Jurnalistik PWI Sulsel 2020 asal Sidrap Lulus Semua

Menurutnya, masyarakat saat ini bukan kekurangan informasi ataupun berita, tapi malah tengah dilanda “badai” informasi dari berbagai sumber.

Sebagai orang yang di “tua”kan oleh para wartawan di Sidrap, Aris Asnawi, mengimbau agar para Pengurus dan Anggota PWI Sidrap – Enrekang, agar terus mempertahankan standar jurnalistik yang baku.

Juga menjaga independensinya dalam menjalankan tugas, dan fungsinya sebagai jurnalisme. Guna menjaga marwah dan martabat wartawan.

Untuk itu lanjutnya, wartawan harus mampu menyajikan informasi yang lebih cepat, tepat, akurat guna melawan Hoaks dengan penyajian berita yang beradab dan mencerahkan masyarakat. Serta tidak mengabaikan etika berkomunikasi.

Baca Juga :  Lima Anggota PWI Sidrap-Enrekang Siap Ikut UKW, Marno Pawessai: Semoga Semuanya Lulus

Kepada Ketua terpilih Edy Basri beserta awak PWI Sidrap – Enrekang lainnya, tokoh pemuda inspiratif Sidrap ini berpesan agar kesatuan dan persatuan para insan pers hendaknya senantiasa terkawal dengan baik, harmonisasi Pers, Pemerintah dan masyarakat harus terus terpelihara.

Kecerdasan dan profesi wartawan harus terus diasah lewat berbagai pendidikan jurnalistik, dan uji kompetensi wartawan. Dengan tetap menyadari bahwa Pers hadir untuk melayani kepentingan masyarakat, bukan kepentingan lainnya.

Saya mengucapkan “Selamat bekerja dan Sukses kepada Pengurus yang telah dilantik,” demikian Si Kumis Baranti.

(BAHRI LAYYA/MNC)

 

Aris Asnawi : Harmonisasi PWI, Masyarakat dan Pemerintah Harus Terpelihara

Comment