Bupati Barru Paparkan Makna Strategi Perencanaan Perangkat Daerah, di Barengi Filosopi

Bagikan :

BARRU, MNC – Gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan, filosofi ini disampaikan Bupati Barru H. Suardi Saleh pada pembukaan Forum Perangkat Daerah. Dalam rangka Penyusunan Rancangan Awal Renstra Perangkat Daerah Kabupaten Barru Tahun 2021-2026, Kamis (6/5/2021).

Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Pinrang ini, dengan narasi yang kompleks dan berisi, mengkhatamkan maksud, tujuan dan manfaat Rencana Strategis Perangkat Daerah.

“Dengan adanya forum ini, diharapkanĀ  program dan kegiatan Renstra Perangkat Daerah dalam 5 tahun mendatang. Dapat lebih terarah sesuai dengan target kinerja yang telah di tetapkan,”jelas Bupati.

Untuk itu, diperlukan komitmen dan konsisten dalam mensinergikan program/kegiatan dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten,” urai Suardi Saleh dihadapan semua elemen Pemerintah Daerah yang ia Pimpin.

Baca Juga :  Ketua Hasnah Syam sebut Penggerak PKK Barru Kerja Ikhlas dan Hadir Dimana-mana

Dikatakan bahwa, pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah, dalam membahas rancangan Awal Renstra Perangkat Daerah. Harus memperhatikan Rancangan awal RPJMD Kabupaten Barru Tahun 2021-2026.

Bupati Barru Paparkan Makna Strategi Perencanaan Perangkat Daerah, di Barengi Filosopi

“Keberhasilan proses pembangunan yang dilaksanakan, banyak ditentukan sejak dari proses perencanaannya, Saya berharap melalui forum ini kita bisa mencurahkan ide, gagasan, sumbang saran, serta berbagai masukan yang konstruktif, dalam rangka

penyempurnaan,” paparnya dihadapan Perwakilan DPRD Barru, LSM, insan Pers dan beberapa stakeholder.

Baca Juga :  Bupati Barru Mengikuti Zoom Rakor Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak 2020. Ini Pesan Mendagri

Kegiatan yang diikuti dengan pemaparan setiap Kepala Perangkat Daerah di Barru, berjalan dengan baik dan tuntas. Khususnya dalam mengsinkronkan komitmen publik, yang pernah disampaikan pada Janji Politik di Kampanye Pilkada lalu.

“Perhatikan untuk mendukung dan memastikan prioritas pelayanan dasar yang disingkronkan dengan, Visi Misi yang telah dikomitmenkan di publik,” tambah Wakil Bupati Barru Aska Mappe, yang turut menyampaikan arahan bersama Sekretaris Daerah Barru Abustan dan Plt. Kepala Bappeda Umar Sinampe.

Empat poin yang menjadi pencermatan dalam perencanaan strategis Perangkat Daerah di era Kepemimpinan SS – AK yakni, pertama Renstra Perangkat Daerah disusun untuk menjabarkan dan menterjemahkan Visi Misi, dan Program Unggulan RPJMD sesuai tugas dan fungsi utama setiap perangkat daerah.

Baca Juga :  Otonomi Daerah Hadir Dalam Semangat Yassiberrui, Kata Suardi Saleh

Kemudian kedua, merumuskan strategi dan arah secara komprehensif didukung data, dan dianalisa yang baik serta benar, dengan memperhatikan keterpaduan dengan perangkat daerah yang lain.

Dan ketiga, mengambil peran dalam indikator kinerja utama daerah, dan dijabarkan secara terukur yang dapat dicapai dan relevan.

Serta keempat, Penentuan pagu dilakukan secara proporsional, efektif, efisien dan akuntabel.

(HUMAS/MNC)

Bupati Barru Paparkan Makna Strategi Perencanaan Perangkat Daerah, di Barengi Filosopi

Comment