Bupati Sidrap Resmikan Gedung ICU dan IBS RS Nene Mallomo

Bagikan :

SIDRAP, MNC –– Bupati Sidrap, H. Dollah Mando meresmikan gedung Intensive Care Unit (ICU) dan Instalasi Bedah Sentral (IBS) RS Nene Mallomo Sidrap, Jl. Wolter Monginsidi Pangkajene, Rabu (24/3/2021).

Peresmian dihadiri Ketua DPRD Sidrap, H. Ruslan, Wakil Ketua DPRD, Kasman, Sekretaris Kabupaten, Sudirman Bungi, Plt Kadis Kesehatan, H. Basra, Direktur RS Nene Mallomo, Hj Hasnani Rapi.

Sejumlah pejabat lingkup Pemkab Sidrap dan undangan lain terlihat hadir.

Gedung ICU dan IBS yang diresmikan dibangun tahun 2020 melalui dana DAK. Ruangan ICU terletak di lantai I sementara IBS berada lantai II.

Baca Juga :  Bahas Persiapan Hadapi 'New Normal', Tim Gugus Tugas Sidrap Gelar Rapat Koordinasi

ICU adalah ruang khusus bagi pasien kritis yang perlu perawatan intensif dan pengawasan terus-menerus. Saat ini tersedia 2 ruang isolasai di ICU dilengkapi sistem tata udara yang menjaga tekanan negatif di ruangan tersebut.

Sistem tata udara tersebut akan menghilangkan penyebaran kontaminan menular dan patogen ke lingkungan sekitarnya melalui jalur udara.

Adapun IBS merupakan salah satu instalasi penunjang medis yang memberikan pelayanan pembedahan baik yang terencana (elektif) maupun yang daruat (CITO). Empat ruang operasi telah dilengkapi dengan pintu otomatis dan satu ruang operasi serta sistem tata udara yang akan mempertahankan tekanan positif ruangan.

Baca Juga :  Hari Ini, ODP Klaster Umroh Sidrap akan Kembali Jalani Rapid Test Covid-19

Bupati Sidrap, H. Dollah Mando berharap gedung ICU dan IBS tersebut dapat dijaga kebersihannya dan difungsikan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah kita rasakan suasana nyaman dan bersih, semoga dipertahankan. Gedung ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Dollah Mando.

Ditambahkannya, salah satu indikator baik tidaknya satu rumah sakit adalah tingkat kepuasan dari keluarga pasien maupun pengunjungnya.

“Saya sering bertanya langsung kepada keluarga pasien, kalau mereka puas tentu kondisi rumah sakit juga baik,” ujar Dollah.

Baca Juga :  Didukung Sarana dan Prasarana Memadai, Kakanreg BKN Apresiasi Pelaksanaan Ujian CPNS di Sidrap

Kesempatan itu juga menjadi momen perpisahan Direktur RS Nene Mallomo, Hj. Hasnani Rapi yang efektif memasuki masa purna bakti akhir bulan ini. Tercatat, Hasnani memimpin RS Nene Mallomo sejak 13 tahun lalu.

“Atas nama pemerintah daerah Saya mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama ini, semoga diberkahi Allah dan bernilai ibadah,” pungkas Dollah. DP

Comment