Dandim Sidrap Buka Pelaksanaan Latnister Triwulan I Tahun 2020

Bagikan :

SIDRAP, MNC ––  Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1420 Sidrap, Letkol Inf J.P. Situmorang, S.Sos membuka pelaksanaan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) Triwulan I Tahun Anggaran 2020 di Aula Makodim 1420 Sidrap Kelurahan Majjelling Wattang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidrap, Senin (09/03/2020) Pagi.

Dalam sambutannya, Dandim 1420 Sidrap mengatakan bahwa latihan ini merupakan latihan sesuai Proglatsi dimana setelah dilaksanakan Uji Terampil Jabatan (UTJ) maka dilanjutkan dengan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) dimana nantinya dimulai materi bersifat teori terkait dengan Sikap Teritorial, Komsos dan Bakti TNI dilanjutkan materi praktek sebagai aktualisasi dari teori.

“Sehingga saya mengharapkan setiap personel yang sudah tersusun dalam organisasi latihan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan saling berkoordinasi untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan. Saya juga menekankan agar laksanakan tertib administrasi, jangan sampai personel yang melaksanakan latihan dilibatkan dalam tugas Dinas Dalam, “Ujarnya.

Baca Juga :  Dukung TMMD ke-109 Sidrap, Emak-Emak Siapkan Makanan untuk Warga dan Satgas

Lanjutnya, terkait dengan 5 Kemampuan Ter, salah satunya adalah kemampuan Managemen Teritorial, aktualisasinya adalah bagaimana tingkat Koramil dapat melaksanakan Ketatalaksanaan Binter (Talak Binter) yang dimulai dari Puldata Ter, Analisa Kejadian, menyusun Rengiat Binter dan membuat laporan kegiatan Binter. Ini merupakan siklus kegiatan dalam Managemen Teritorial tingkat Koramil yang harus dipahami dan dilaksanakan dengan benar.

“Yang setiap tahunnya dilaksanakan Koramil, dimulai dari pengumpulan data teritorial sampai dengan menyusun rencana kegiatan diwilayah binaan masing-masing dimana diperlukan analisa kejadian sebelum membuat rencana kegiatan teritorial,”Pungkas Dandim.

Baca Juga :  Tim Gabungan TNI-Polri Sidrap Datangi Sejumlah THM. Ini Tujuannya

Dalam kesempatan tersebut, Letkol Inf J.P. Situmorang, S.Sos berharap khususnya dalam hal Komsos, khususnya para Babinsa yang senantiasa berada di ditengah-tengah masyarakat agar mengajak masyarakat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, karena masih ada saudara- saudara kita tidak memahami betul akan makna dari Pancasila.

Kalau kita melihat atau membaca di Media, dibeberapa tempat masih ada tindakan intoleran dan ini menjadi tugas kita untuk menyampaikan dan mengingatkan masyarakat sehingga Negara kita khususnya di Kabupaten Sidrap bisa aman dan tidak ada tindakan Intoleran.

Baca Juga :  Lepas Satgas TMMD ke-109, Dandim Sidrap: Terima Kasih Sudah Hasilkan Pekerjaan Berkualitas

“Oleh karena itu, tugas kita selaku aparat Negara, yang harus berperan untuk menyampaikan kepada masyarakat, dengan harapan masyarakat dapat hidup berdampingan dalam perbedaan ,”Tutupnya.

Terlihat dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Para Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 1420 Sidrap serta para Personel Kodim 1420 Sidrap yang dilaksanakan selama 5 Hari, mulai tanggal 09 sampai dengan 13 Maret 2019. (Aryanda DP)

Comment