Dinas PPKB Kota Parepare, Layani 4 Polsek untuk KB Gratis

Bagikan :

PAREPARE, MNC — Pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis, digelar Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Parepare bersama Polres Parepare.

Kolaborasi yang dikemas dalam bentuk Bakti Sosial Bhayangkara KB-Kesehatan Tingkat Kota Parepare ini, berlangsung di empat Polsek. Hari pertama Senin, 13 Juli 2020, sudah berlangsung di Polsek Soreang, dan hari kedua, Selasa, 14 Juli 2020, di Polsek Ujung.

Kepala Bidang Keluarga Berencana Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinas PPKB Parepare, Andi Ary Zulharby mewakili Kepala Dinas PPKB, Dr Hj Halwatia mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Bhayangkara ke-74 bertajuk KB-Kesehatan. Sasarannya, untuk membantu masyarakat miskin khususnya yang jauh dari fasilitas layanan kesehatan.

Baca Juga :  Taufan Pawe Disambut di Perbatasan Kota, dan Diarak Hingga ke Kantor Golkar Parepare

“Kami bekerjasama dengan Polres untuk kegiatan yang berlangsung di empat polsek di Kota Parepare. Alhamdulillah sudah terlaksana dua hari, dan kemarin dilaksanakan di Kecamatan Soreang, kami layani sekitar 21 akseptor. Hari ini di Polsek Ujung sudah ada yang mendaftar sekitar 13 orang, dan mudah – mudahan di Polsek – Polsek lain bisa kita capai target,” harap Andi Ary.

Dinas PPKB, kata Ary, menargetkan 30 akseptor di setiap Polsek. Dengan metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) IUD dan Implan. Meskipun, kata dia, masyarakat juga minta dilayani dengan alat kontrasepsi lainnya seperti, pil, suntik dan kondom.

Baca Juga :  Simak, Indikator Keberhasilan Pembangunan Taufan Pawe di Kota Parepare

“Sebenarnya target kami untuk setiap Polsek ada 30 akseptor. Itu target kita bagaimana MKJP ini bisa banyak dilayani dan sesuai target,” ungkap Ary.

Namun karena situasi pandemi Covid-19, akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya pelayanan KB berkurang.

“Mungkin diakibatkan banyaknya masyarakat yang tinggal di rumah atau takut mendatangi fasilitas kesehatan, sehingga kita mengantisipasi hal-hal tersebut dengan memanfaatkan momen-momen seperti ini,” terang Ary.

Baca Juga :  Taufan Pawe Pimpin Golkar SulSel. Begini Kisahnya...

KBO Binmas Polres Parepare, Ipda Marino berterimakasih atas kerja sama Pemerintah Kota Parepare. Melalui Dinas PPKB menggelar kegiatan Bakti Sosial KB-Kesehatan ini.

Dia berharap, bakti kesehatan yang dilaksanakan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa berlanjut terus untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya dalam pelayanan KB gratis.

Kami juga menyampaikan bahwa, “Ibu Bhayangkari sangat mendukung program ini, Alhamdulillah antusias dari ibu-ibu Bhayangkari, sehingga kemarin dan hari ini luar biasa,” ujar Marino.

(NURMAS/MNC)

Dinas PPKB Kota Parepare, Layani 4 Polsek untuk KB Gratis

Comment