Ditengah Pandemi, Panen Semangka di Pujananting. Ini Kata Bupati Barru

Bagikan :

BARRU, MNC – Ditengah pandemi Covid-19, perekonomian masyarakat menurun akibat dampak dari wabah ini. Namun tidak menjadi halangan bagi petani semangka di Dusun Punranga, Desa Pujananting, Kecamatan Pujananting. Mereka justru memetik hasil dari panen perdana buah semangka.

Bupati Barru H. Suardi Saleh yang hadir pada panen perdana semangka itu, menyampaikan bahwa, pemerintah mendorong kelompok tani untuk terus menanam melalui gerakan luas tambah tanam.

Melalui gerakan luas tambah tanam, sehingga mampu meningkatkan produksi ekonomi warga masyarakat.

Baca Juga :  PTM di Kabuapten Barru Bakal Dilakukan, Begini Ketentuannya.

“Hari ini kami sangat senang, bisa panen perdana semangka bersama, kami dari pemerintah akan terus mendukung para petani agar terus melakukan penanaman,”kata Suardi Saleh, minggu (25/7/2021).

Di jelaskannya, saat ini ada sekitar 3 hektar luas kebun semangka yang tersebar di beberapa tempat. Tanaman semangka yang dipanen kelompok tani Maccoli loloe, dengan perkiraan untuk 1 ha menghasilkan 35 ton dengan jumlah tanaman 7.500 – 8.000 pohon.

“Pemerintah akan terus mendorong masyarakat menanam palawija, holtikultura untuk di budidaya termasuk padi, karena kita ingin suwasembada pangan, ketahanan pangan. Minimal mampu memenuhi kebutuhan lokal,” terangnya.

Baca Juga :  Pemda Barru Salurkan 22,5 Milyar Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi. Ini Rinciannya

Kepala Dinas Pertanian Barru Ahmad menjelaskan bahwa, untuk skala ekonomi petani di Kabupaten Barru. Mampu mengekstimasi dan memformulasi bahwa, menanam 1 bungkus semangka mampu memperoleh 4-5 juta, dan 1 ha butuh 10-15 bungkus benih.

“Khusus di Kecamatan Pujananting menggunakan varietas hybrida jenis punggawa. Sehingga apabila menanam semangka 1 ha, maka hasil bersih yg diperoleh rata-rata 10-15 juta. Dengan status petani penggarap dengan umur panen 50-55 HST atau 2 bulan HST,” pungkasnya.

Baca Juga :  Kebut Vaksin Kolaborasi Bosowa, Bupati dan Forkopimda Barru Pantau di Bola Sobae

Keberhasilan petani semangka berkat dukungan dari pemerintah, dengan adanya bantuan pompa air pada tahun 2020.

Bupati Barru H. Suardi Saleh menyampaikan bahwa, untuk mempermudah pengolahan tanahnya pada tahun 2021 ini, akan mengalokasikan anggaran untuk bantuan Kultivator bagi petani di Kabupaten Barru. (HMS/AWANG)Ditengah Pandemi, Panen Semangka di Pujananting. Ini Kata Bupati BarruBupati Barru H.Suardi Saleh panen perdana Semangka di Pujananting. (Foto : Hms)

 

Comment