Empat Pilar Kebangsaan Sebagai Pedoman dan Perilaku Hidup Sehari-hari

Spread the love

NUNUKAN, MNC – Anggota DPD/MPR RI, Daerah Pemilihan Kalimantan Utara Hj. Asni Hafid No Anggota B-94 menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika). Acara digelar di Aula Politeknik Negeri Nunukan, Jum’at (29/11/2019).

Menurutnya, kegiatan sosialisasi empat pilar Kebangsaan MPR RI. Mempunyai tujuan di antaranya, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang – undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, dan Ketetapan MPR.

Serta, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah, dan diharapkan agar masyarakat memahami. Juga menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Dijelaskannya, implementasi empat pilar kebangsaan, harus terus digelorakan terhadap semua kalangan. Mulai dari tokoh masyarakat hingga generasi muda.

Karena apa, empat pilar kebangsaan menjadi cara strategis dalam character building kepada mereka.

Ketika nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika mampu mereka terapkan di kehidupan sehari-hari. Saya yakin efeknya akan luar biasa, ungkapnya.

Hj.Asni memaparkan setiap masyarakat harus menjunjung tinggi toleransi. Semangat Empat Pilar Kebangsaan MPR RI, kata dia, mengajarkan hal tersebut.

Lebih toleran, mau berbagi, gotong-royong dan yang terpenting menghargai perbedaan. Kita perkuat Kebhinekaan, sambungnya

Bangsa Indonesia akan besar dan kuat bukan oleh bangsa lain, tetapi oleh bangsa Indonesia sendiri. Namun bangsa Indonesia akan pecah dan hancur juga bukan oleh bangsa lain. Tetapi oleh bangsa Indonesia sendiri, sebab itu penting nya memahami dan mendalami Pancasila. Serta UUD Negara Republik Indonesia 1945, sebagai sebuah kekuatan NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Yang wujud dalam keberagamaan sebagai pemersatu bangsa dalam corak yang beragam.

Dengan terlaksananya kegiatan sosialisasi nilai-nilai kebangsaan ini. Diharapkan dapat menjadi umpan balik bagi anggota DPD/DPR/MPR RI, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila, Undang – Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga, dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua III Poltek Nunukan Hj.Nuraedah, SE,MM, Wakapolres Nunukan, Kompol Imam Muhadi.S.Sos, Ketua Forum Bela Negara Nunukan Bahrul Ulum SPd, Asisten I Pemkab Nunukan H.Muhammad Amin SH, Ketua DPRD Nunukan Hj.Rahma Leppa, Anggota PKK Lucia Debora, Para Pengurus KPPI Nunukan (Kaukus Perempuan Politik Indonesia) Para Mahasiswa dan Pelajar serta masyarakat umum

(GZB/MNC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *