Ini Amanat Kapolri Dibacakan Wabup Sidrap, Pada Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2021

Bagikan :

SIDRAP, MNC – Wakil Bupati Sidrap, Ir. H. Mahmud Yusuf, M.Si memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Sidrap 2021, di Mapolres Sidrap, Kamis (23/12/2021). Dalam Apel tersebut, di dampingi Kapolres Sidrap, AKBP Ponco Indriyo, S.IK., M.H serta Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf. Dody Nurhidayat.

Wabup mengatakan, Apel Gelar Pasukan di selenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan. Tujuannya, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021. Dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

“Pengecekan ini baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan Mitra Kamtibmas lainnya. Ini pengecekan akhir gelar pasukan sebelum pengamanan,”kata Wabup.

Baca Juga :  Satreskoba Polres Sidrap Sukses Ungkap Sabu sabu. Kapolres : Ancaman Seumur Hidup atau Pidana Mati

Mahmud Yusuf menambahkan, perayaan Nataru oleh masyarakat secara universal di rayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat – tempat wisata. Untuk itu, aktivitas pada pusat keramaian itu berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid – 19.

“Pengamanan ini tidak boleh di anggap sebagai agenda rutin tahunan biasa. Sehingga menjadikan kita cenderung under estimate, dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli,” jelasnya.

Baca Juga :  Wakapolres Sidrap Pantau Kegiatan Vaksin di Lancirang

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 yang akan di laksanakan selama 10 hari. Dimulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis. Serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid – 19, sehingga masyarakat dapat merayakan Nataru dengan rasa aman dan nyaman. Jangan sampai kegiatan perayaan Nataru menimbulkan klaster – klaster baru penyebaran Covid – 19,” harapnya.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah di lakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang akan di antisipasi. Di antaranya ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum. Serta antisipasi ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, karena saat ini musim penghujan.

Baca Juga :  Lakukan Vaksinasi Door to Door. Polres Sidrap Wujudkan Target Vaksin

Kapolres Sidrap AKBP Ponco Indriyo. S.IK., M.H menegaskan pada seluruh personel pengamanan, agar memastikan kesiapan diri dalam pengamanan libur Nataru. “Kita semua, baik jajaran Forkopimda Sidrap serta masyarakat harus mentaati protokol kesehatan. Mengingat saat libur Nataru pada tahun ini masih di masa Pandemi Covid – 19. Agar kesehatan bisa di jaga dengan baik,” imbaunya.

Dalam pelaksanaan pengamanan Nataru, Polres Sidrap mengerahkan personel sejumlah 28 Personil di tambah dari TNI, Pemda serta elemen masyarakat. (SUMIATI/MNC)Ini Amanat Kapolri Dibacakan Wabup Sidrap, Pada Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2021

Comment