Kader HMI Sidrap Dibekali Cara Tangkal Ideologi Transnasional

Bagikan :

SIDRAP, MNC — Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1420 Sidrap, Letkol Inf J.P. Situmorang, S.Sos membekali Kader HMI sebayak 50 dengan memberikan materi cara menangkal Ideologi Transnasional dalam perspektif Pertahanan Negara pada pelaksanaan Intermedia Training (LK2) Tingkat Nasional HMI Cabang Sidrap di Aula Kampus Snagma Mario Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap, Selasa (03/04/2020) Malam.

Kegiatan yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sidrap tersebut yang dilaksanakan selama dua minggu diikuti oleh 50 Peserta dari 360 pendaftar dari berbagai daerah seperti Ambon, Banjarmasin, Tarakang, Kendari, Palopo, Sinjai, Bone, Gowa, Makassar, Barru, Toli-toli, Buol, Poso dan Sidrap.

Didepan puluhan Kader, Dandim 1420 Sidrap menyampaikan bahwa malam ini saya dipercayakan memberikan materi terkait dengan bagaimana kita menangkal Ideologi Transnasional

Baca Juga :  4,2 Juta Guru Dan Dosen Di Paksa Mengajar Dari Rumah

“Dimana terkait dengan era globalisasi saat ini adik-adik sekalian saya kira sudah sangat paham sekali isu-isu yang diangkat terkait dengan demokratisasi, lingkungan hidup, Ham, Pluralisme, Teknologi dan Ideologi dimana isu tersebut juga tidak luput dari perhatian Negara Indonesia,”Ujarnya.

Lanjut Dandim, dampak dari globalisasi tersebut salah satunya adalah penyebaran Ideologi Transnasional yang saat ini dirasakan oleh berbagai negara termasuk Indonesia seperti ideologi individualisme, liberalisme, paham ekstrimisme agama yang menolak Pancasila dan itu sangat bertentangan dengan ideologi kita, termasuk Hedonisme, narkoba, seks bebas, perkawinan sesama jenis yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dan ini adalah tugas kita semua, untuk selalu mewaspadai terkait Ideologi Transnasional tersebut, yang diibaratkan sebilah pedang yang akan merobek kesepakatan yang sudah dirajut, maka ideologi yang tepat bagi bangsa Indonesia mulai dari dulu, kini, nanti dan seterusnya adalah Pancasila. Mengamalkan sila-sila dalam Pancasila termasuk butir-butirnya dalam kehidupan sehari hari merupakan obat mujarab untuk menangkal ideologi Transnasional tersebut, ,”Tuturnya

Baca Juga :  Kadis Pendidikan PinrangAi?? Kunjungi SD Terpencil

Dalam kesempatan tersebut, Letkol Inf J.P. Situmorang, S.Sos mengatakan untuk menangkal ideologi transnasional tersebut kita harus menguatkan Pertahanan negara sebagaimana diatur dalam UU RI No. 3 Tahun 2002 yaitu pertahanan negara juga disebut sebagai pertahanan Nasional adalah segala usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara kita.

Terkait dengan Pertahanan negara dihadapkan dengan ancaman militer maka TNI sebagai unsur utama untuk menangkal ancaman tersebut didukung oleh masyarakat, sementara dalam hal mengatasi ancaman nir militer maka kementerian/lembaga sesuai tugas dan fungsi sebagai unsur utama untuk menghadapinya didukung oleh unsur lainnya termasuk TNI.

Baca Juga :  Pengurus Wilayah IGI Sulsel Cetak Ratusan Penulis Buku

Dan yang kami lakukan terkait pertahanan negara tentunya kembali pada tugas pokok TNI AD diwilayah darat yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia

“Saya berpesan kepada adik-adik sekalian jangan pernah mengatakan saya Pancasilais kalau belum mengamalkan butir-butir dari Pancasila ini, gelorakanlah Nasionalisme dan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan masyarakat maupun keluarga,”Tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua HMI Cabang Sidrap, Andi Gema, Sekertaris HMI Cabang Sidrap, Hamka, Personel Kodim 1420 Sidrap serta para Panitia Intermediate Training (LK2) Tingkat Nasional HMI. (Aryanda DP)Kader HMI Sidrap Dibekali Cara Tangkal Ideologi Transnasional

Comment