Kerjasama HIMAP dan HIMPOSIP, Polres Sidrap Gelar Seminar Kepemudaan 

Bagikan :

SIDRAP, MNC — Kepolisian Resor (Polres) Sidrap dalam hal ini Satuan Intelkam mengadakan Seminar Kepemudaan dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 75 di Aula Kampus Univertas Muhammadiyah Sidrap (UMS), Kelurahan Macorawalie, Kecamatan Pancarijang, Sidrap, Jumat (14/8/2020).

Dalam kegiatan yang mengangkat tema ‘Peran Pemuda dalam Merawat Ideologi Pancasila Wujud Demokrasi Politik yang Berwawasan Kebangsaan’ ini, Polres  Sidrap juga melibatkan Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMAP) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan (HIMPOSIP) sebagai penyelenggara.

Tiga pemateri dalam Seminar Kepemudaan ini masing-masing Ketua KPU Kabupaten Sidrap, Syamsuddin Saleng, Anggota Bawaslu Sidrap, Andi Saiful, dan Sekertaris Badan Kesbangpol Sidrap, Andi Baharuddin.

Baca Juga :  Motivasi Pendidikan Anak Usia Dini, Kadis Pendidikan Pemkab Pinrang Serahkan Bantuan APE

Dalam metarinya, Syamsuddin Saleng membahas demokrasi sistem sosial dan politik pemerintah dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah di batasi hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara.

Selain itu, dia juga membahas politik yang berkaitan dengan penyelenggara pemerintahan dan negara dan demokrasi politik sistem politik yang ditandai dengan berfungsinya lembaga legeslatif, eksekutif, dab yudikatif yang secara relatif bersifat otonom.

Kerjasama HIMAP dan HIMPOSIP, Polres Sidrap Gelar Seminar Kepemudaan 

Sementara, pemateri Andi Saiful mengangkat peran pemuda dalam merawat ideologi pancasila wujud demokrasi politik yang berwawasan kebangsaan. Pancasila merupakan ideologi bangsa yang digali dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia oleh para pouding father

Baca Juga :  Lulusan SMPN 1 Pinrang Berkualitas

Demokrasi adalah nilai luhur dari bangsa Indonesia,memiliki keterkaitan dengan seluruh sila dan daulat rakyat menjadi nilai yang utama dan Pemilu dalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam memilih pemimpin untuk mengisi jebatan publik.

Sedangkan Andi Baharuddin dalam pemaparan singkatnya antara lain mengatakan: “Bahwa kita harus memahami apa itu Pancasila. Kita harus jaga empat pilar sebgai ideologi Pancasila” .

Sebelumnya, Kapolsek Panca Rijang, Kompol Mustaing dalam sambutannya mengatakan: ‘Dalam kegiatan ini saya mewakili Kapolres Sidrap dikarenakan Bapak Kapolres Sidrap menpunyai agenda kegiatan yang sangat padat sehingga tidak sempat hadir dalam kegiatan ini”.

Baca Juga :  Ini Harapan SD Kristen Anugerah Malango Rantepao, Kepada Bupati Torut Terpilih...

Dia juga meminta agar dalam pelaksanaan kegiatan ini agar panitia dan peserta tetap menperhatikan anjuran pemerintah dalam hal mencegah penyebaran Covid-19 dengan cara tetap melakukan jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan.

Seminar Kepemudaan ini juga dihadiri Ketua KNPI Sidrap, Abdul Jabbar bersama para peserta seminar dari mahasiswa dan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sidrap yang berjumlah sekitar 30 orang. ARYANDA

Kerjasama HIMAP dan HIMPOSIP, Polres Sidrap Gelar Seminar Kepemudaan 

Comment