Penerapan PPKM Level 2, Kado Ultah Sulsel, Polda Minta Masyarakat Tak Euforia Berlebihan

Bagikan :

MAKASSAR, MNC – Angin segar berhembus bagi Pemerintah Provinsi Sulsel khususnya dan masyarakat Sulsel pada umumnya. Dalam rangka memperingati Hari Jadi Sulsel ke-357 tahun 2021, bak mendapatkan kado ulang tahun (Ultah) dari pemerintah pusat berupa penetapan Sulsel menjadi Level 2.

Yang dimaksudkan, Pemerintah Pusat menetapkan,

Kota Makassar beserta 17 kabupaten/kota di Sulsel masuk wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. Artinya, turun dari level 4 menjadi level 2.

Penerapan PPKM Level 2 tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmedagri), Nomor 44 tahun 2021. Tepatnya, di poin ke-1 huruf T. Instruksi tersebut, diteken (ditandatangani) di Jakarta, Senin (20/10/021).

Baca Juga :  Kampung Tertib Lalulintas di Kampung Aluppang Resmi di Buka

Berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Covid 19, angka kesembuhan pasien covid 19 di Sulsel saat ini berada di kisaran 96,63 persen, lebih tinggi dibandingkan nasional sebesar 96 persen. Sementara angka kematian karena pandemi di Sulsel juga terus menurun yakni di angka 2,04 persen, lebih rendah dibandingkan nasional sebesar 3,4 persen, dengan positivity rate 0,65 persen.

Pendisiplinan Prokes Terus Dilakukan 

Kendati demikian, aparat Kepolisian meminta masyarakat tidak melakukan euforia berlebihan atau malah abai pada penerapan prokes (protokol kesehatan). Kepala Bidang Hubungan Masyarakàt (Kabidhumas) Polda Sulsel, Kombes Pol E. Zulpan, S.I.K., M. Si menegaskan, Polda Sulsel dan seluruh jajaran tetap akan melaksanakan sosialisasi dan mengingatkan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Kapolri Instruksikan Jajarannya Tak Ragu Tindak Tegas Mafia Tanah

Meski status PPKM di Sulsel sudah turun, upaya pendisiplinan prokes terus dilakukan untuk mencegah peningkatan angka covid-19 di wilayah Sulsel. “Meski sudah PPKM level 2, pendisiplinan prokes tetap kami lakukan. Kita pertahankan agar angka covid tidak kembali naik,” terang Kombes Pol E. Zulpan.

Menurut E. Zulpan, upaya sosialisasi dan patroli pendisiplinan prokes dinilai efektif untuk menekan penyebaran pandemi. Masyarakat diminta senantiasa menjaga kebersihan, baik di rumah maupun di linhkungan masyarakat. Di sisi lain, lanjutnya, kerja sama dengan TNI dan Pemkot juga terus dilaksanakan demi mencegah covid-19 optimal. “Patroli juga terus dilakukan agar tidak terjadi kerumunan di malam hari,” ujar perwira melati tiga itu.

Baca Juga :  2020, Polres Sidrap Tangani 474 Kasus Pidana Umum, 93 Perkara Narkoba, dan 198 Lakalantas

Pihaknya berharap, upaya yang dilakukan ini mampu menjaga angka covid-19 tidak melonjak kembali. Sehingga, level PPKM di wilayah Sulsel mampu bertahan di level 2, bahkan turun ke level lebih rendah lagi. “Dalam mengatasi pandemi ini, butuh peran serta seluruh masyarakat. Kesadaran menjadi kunci utama untuk menekan penyebaran covid-19,” kuncinya. (Nina, Humas Polda Sulsel/ABDUL/MNC).

Penerapan PPKM Level 2, Kado Ultah Sulsel, Polda Minta Masyarakat Tak Euforia Berlebihan

Antrian Vaksinasi Covid 19 di area BPOM Makassar (Foto: ABDUL),

 

Comment