PSM Bangkit Lagi, Harusnya Menang tapi hanya Seri, 1 – 1

Bagikan :

BEKASI, MNC – Setelah tersandung sekali ditumbangkan oleh Barito Putra, pekan kelima dengan skor 0 – 2, PSM kembali bangkit. Kubu PSM pun berbenah, menyusul bergabungnya 2 pemain asing, Serif Hasic asal Bosnia Herzegovina dan Bektur Talgat Uulu dari Kirgiztan Asia Tengah. Pekan keenam BRI Liga 1 2021, PSM Makassar vs Persib Bandung digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikareng, Bekasi, Sabtu, (2/10/2021). Laga berlangsung ketat dan berakhir dengan, skor imbang, 1 – 1.

Di babak pertama kedua tim masih terkesan hati-hati dan saling membaca situasi untuk mencari peluang.

Hingga turun minum, skor masih, 0 – 0, namun Persib yang diprediksikan menguasai lapangan tengah justru dari ball position PSM (52 %) dan Persib (48 %) menunjukkan PSM lebih besar penguasaan bolanya.

Sayangnya di penghujung babak pertama, Abdul Rahman, pemain PSM yang baru sekali dimainkan sejak digulirnya liga 1 karena pemulihan cidera, ditandu

keluar lapangan setelah benturan keras pemain Persib. Diduga Rahman, pemain asal Sidrap itu belum pulih betul lantas diturunkan.

Di babak kedua, Laskar Ayam Jantan dari Timur, julukan PSM, kian memacu intensitas serangannya. Pengamat sepak bola, Bung Kusnaini yang mengawal Live Indosiar bersama Valentino Simanjuntak, menilai PSM lebih agresif. “Serangan PSM lebih militan,” ujar Bung Kus, sapaan analis sepak bola tersebut.

Baca Juga :  Hadapi Persebaya, Milo Diharap Menangkan PSM

Kendati demikian, Persib Bandung yang dikenal punya pertahanan tangguh dan kuat di lapangan tengah tak mudah menyerah. Praktis, duel asuhan Milomir Seslija dan Robert Rene Alberts ini mulai panas dan sering terjadi pelanggaran. Utamanga ketika pemain-pemain PSM dengan motor serangan Wiljan Pluim ingin menyusup ke jantung pertahanan Persib.

Satu momen yang tak disangka, ketika penyerang sayap Persib, Febri Hariyadi menerima bola di sisi kiri pertengahan area PSM, Febri Hariyadi, pemain timnas milik Maung Bandung, julukan Persib, beraksi agresif. Pesepakbola yang dikenal cepat dan lincah itu berhasil memberikan umpan lambung ke depan gawang PSM.

Beruntung bagi Persib, bek jangkung PSM Serif Hazic menyundul bola lambung salah arah. Celakanya, Serif Hasif yang sejatinya ingin menyelamatkan gawang PSM justru bola melingkar masuk di sudut atas gawang yang tak bisa dijangkau Syaiful Syamsuddin, penjaga gawang PSM. Gol bunuh diri Serif Hasic pada menit ke-60 merubah skor menjadi 1 – 0 untuk Persib.

Baca Juga :  Yohanes Sampebua Terpilih Ketua KONI Pinrang Periode 2018-2022

Saldy Ciptakan Gol Berkelas

PSM Bangkit Lagi, Harusnya Menang tapi hanya Seri, 1 - 1

Sosok striker PSM, Saldy Amiruddin yang membobol gawang Persib Bandung (Foto: Dok PSM).

Merasa ketinggalan, serangan Juku Eja, sebutan spesial PSM kian gencar hingga kerap di-blok oleh pemain Persib yang berbuah pelanggaran.Termasuk ketika di lapangan tengah menuju gawang Persib, Pluim menggulir bola dengan cepat. Play maker Persib, Marc Klok lari cepat menempelnya, kemudian menyabit laju Pluim dengan kaki kanannya sehingga terjatuh dan berguling.

Marc Klok yang pernah satu tim ketika masih memperkuat PSM, diteriaki Pluim. Wasit pun mengganjar kartu kuning untuk Klock. Puncaknya, ketika Anco Jansen men-drebling bola di rusuk kiri area Persib Ardi Idrus mengganjal keras. PSM mendapatakan tendangan bebas dan Ardi Idris dihadiahi kartu kuning oleh wasit.

Abdul Rachman, (bukan yang ditandu keluar karena PSM memang punya 2 Abd Rahman), yang dipercaya sebagai eksekutor mengarahkan bola ke sudut gawang Persib. Striker PSM, Saldy Amiruddin yang berhadapan dengan barisan pertahanan Persib, dengan gesit menyusup, kemudian menepis bola dengan kaki kanannya bersarang ke gawang Persib. Saldy sebagi pemain pengganti di babak kedua menciptakan gol berkelas menit ke-77 yang merubah skor menjadi imbang, 1 – 1.

Baca Juga :  Meriah, senam massal dan maumereh di Paleteang Pinrang

Catatan trend positif bagi PSM sejumlah peluang

diperoleh PSM yang belum bisa dikemas menjadi gol. Diantaranya, utamanya Anco Jansen dan lolos, hanya berhadapan dengan kiper tapi mampu di-blok oleh penjaga gawang Persib. Demikain juga aksi brilian Ilham Udin Armaiyn yang bisa melewati beberapa pemain Persib dan berhasil mencukil bola ke gawang Persib. Dengan gerakan cepat Ardi Idris dapat menyelamatkannya. Padahal sekira setengah meter lagi bola nyaris bersarang ke gawang Persib. Skor akhir PSM vs Persib bertahan, imbang 1 – 1 hingga laga usai.

Dikutip dari akun PSMSTATS, statistik pertandingan menggambarkan bahwa laga seru dan wasit mengeluarkan 6 kartu kuning, 1 untuk pelatih PSM, 2 untuk pemain PSM dan 3 untuk pemain Persib. Data lainya, penguasaan bola atau ball position, PSM (53 %) РPersib (47 %), shoot PSM (15) РPersib (12), shoot on goal PSM (6) РPersib (1), corner kick PSM (7 ) РPersib (4), dan data lain yang tak ditulis semuanya  (ABDUL).

PSM Bangkit Lagi, Harusnya Menang tapi hanya Seri, 1 - 1

Kapten PSM Wiljan Pluim, motor serangan Laskar Juku Eja (Foto: Dok PSM).

 

Comment