Satlantas Polres Parepare Terapkan Tindak Pelanggaran Kasat Mata dengan Hunting System dan Humanis

Bagikan :

PAREPARE, MNC – Dalam rangka Operasi Lilin tahun 2021 untuk mengamankan perayaan Natal dan tahun baru, Satuan Lalulintas Polres Parepare aktif melaksanakan patroli Hunting System. Untuk melakukan pembinaan dan penindakan terhadap pelanggaran kasat mata, yang potensi kecelakaan lalu lintas membahayakan dirinya dan orang lain, dengan mengedepankan sisi humanis.

Kasat Lantas Polres Parepare AKP Muhammad Yusuf, S.Sos mengungkapkan, dalam penegakan disiplin, pola penindakan yang dilakukan kepolisian kepada pelanggar tidak hanya dengan stasioner atau menetap, Satlantas juga bisa melakukan hunting system atau patroli keliling.

“Hunting system atau sistem hunting adalah upaya Polantas untuk melakukan penindakan langsung, terhadap pengguna jalan yang kasat mata melakukan pelanggaran, pola penindakan hunting system ini bersifat insidentil, petugas tidak berada terus menerus di tempat tersebut. Namun patroli kapanpun ada pelanggaran petugas akan langsung melakukan penindakan,” urai Muhammad Yusuf kepada MERPOSnews.com, Rabu (15/12/2021).

Baca Juga :  Polri Pastikan Penanganan Kasus Dugaan Pemerkosaan di Lutim Sulsel Sesuai Prosedur

Lebih jauh, Muhammad Yusuf menjelaskan pola penindakan hunting system dilaksanakan di lokasi yang potensi terjadi pelanggaran lalu lintas, petugas tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan menggunakan masker dan menjaga jarak, serta bersikap humanis terhadap pelanggar.

Selain itu dengan adanya kegiatan Patroli Humanis yang digelar jajaran Polres Parepare ini, diharapkan dapat menekan angka kecelakaan dan pelanggaran dalam berlalu lintas. Masyarakat diharapkan lebih mematuhi peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan. Sehingga dalam kegiatan natal dan tahun baru mendatang dapat berjalan lancar, imbuh Muhammad Yusuf.

Baca Juga :  Kampung Tertib Lalulintas di Kampung Aluppang Resmi di Buka

“Kami berharap kepada masyarakat khususnya para pengendara roda dua maupun roda empat, agar dapat memahami betapa pentingnya keselamatan berlalulintas serta kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam tatanan hidup sehari-hari,” harap Kasat Lantas.

(GAZALI – FAHRI//RUSJU)Satlantas Polres Parepare Terapkan Tindak Pelanggaran Kasat Mata dengan Hunting System dan Humanis

Comment