Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Berkualitas Libatkan para Jurnalis Lutim

Bagikan :

LUWU TIMUR, MNC – Pemerintahan Kabupaten Luwu Timur (Lutim) cukup menyadari betapa pentingnya penyebarluasan informasi berkualitas kepada khalayak. Disamping itu, pemerintah daerah yang lokasinya berada di wilayah bagian Utara Sulawesi Selatan ini, konsen membangun kemitraan dengan pers, masyarakat dan unsur lainnya.

Hal tersebut ditandai dengan inovasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Luwu Timur, untuk melaksanakan Sosialisasi Kegiatan Penyelenggaraan Hubungan Masyarakat, Media dan Kemitraan Komunitas. Sosialisasi digelar dengan tema, “Peran Strategis Media dan Komunitas dalam Penyebarluasan Informasi Pembangunan Daerah.” Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Media Centre Diskominfo Lutim, Rabu, (8/9/2021).

Kegiatan ini dinilai cukup bermakna lantaran melibatkan berbagai unsur terkait, yang diharapkan dapat mengambil peran dalam memacu derap langkah pembangunan di daerah ini. Diantaranya, wartawan senior, Asdhar sebagai pemateri, Direktur Macca Indonesia Foundation (MIND), Hairil Al Fajri, para wartawan Lutim dari berbagai media, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), dan unsur lainnya.

Season pertama hari itu, tampil Azdhar, wartawan senior di Sulsel yang membawakan materi tentang kehadiran pers dalam menopang penyebarluasan informasi yang berkualitas, dan sesuai kaidah jurnalistik. Asdhar yang juga Direktur Luwu Raya.com sebagai pemateri awal mengusung materi yang identik dengan diklat jurnalistik. Intinya, ia mengupas tentang Peran Pers dalam Penyebarluasan Informasi yang Berkualitas. Cakupan materinya antara lain, Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Teknik Peliputan dan Penulisan Berita serta hal – hal lain yang terkait dengan kewartawanan.

Baca Juga :  Cerita Lain Raker PWI Sulsel (2) Amran Sulaeman Datang Bawa Berkah

Merespon Branding Luwu Timur Inspiring

Materi selanjutnya yang tak kurang pentingnya, City Branding Luwu Timur Inspiring, atau kalau boleh diberi makna semacam Panduan Inspirasi Luwu Timur untuk memacu perkembagannya ke depan. Adalah Direktur

Macca Indonesia Foundation, Hairil Al Fajri memaparkan arti dari Luwu Timur Inspiring. Hairil Al Fajri yang merupakan Inisiator Luwu Timur Inspiring ini mengajak kepada wartawan, dan komunitas mayarakat daerah ini untuk berkolaborasi mewujudkan Luwu Timur Inspiring. Dengan maksud, mencari, mengolah dan menyebarluaskan informasi yang berkualitas tentang Luwu Timur.

Baca Juga :  Unjukrasa Peduli Pers Desak Becce DiprosesTuntas, Kepsek SMAN 5 Makassar Dicopot.

Praktis, sejumlah wartawan yang hadir merespon positif dan menyambut baik kegiatan Diskominfo Lutim ini. Para junalis juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para pemateri atau nara sumber yang kompeten itu. “Selain sebagai wadah silaturahmi, materi yang diberikan nara sumber sangat bermanfaat bagi peserta, “ujar seorang wartawan yang bisa dikatakan mewakili peserta lainnya.

Dalam sesi tanya-jawab, sejumlah wartawan tampil bertanya dan memberikan saran – saran kepada pemateri. Pertanyaan dan saran – sarannya, terkait dengan tema sosialisasi yang terkait dengan interaksinya pers dan pihak lainnya. Salah satunya, Suardi dari MERAH PUTIH POS (MERPOS) yang mengingatkan pemerintah daerah dengan sebuah statemen yang mengena. “Apa yang disampaikan oleh pemateri kedua (maksudnya tentang Branding Luwu Timur Inspiring), hendaknya benar-benar direalisasikan pemerintah daerah, ” tegasnya.

Suardi juga meminta Pemda Lutim, utamanya Diskominfo agar bisa memperhatikan dan merangkul semua wartawan dengan baik, khususnya yang berdomisili di Luwu Timur, supaya tidak terjadi kecemburuan sosial atau semacam miskomunikasi. “Saya bersama semua wartawan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Diskominfo Lutim yang menggelar kegiatan ini, dan mengundang rekan – rekan wartawan. Karena dengan kegiatan ini, kami para wartawan Lutim bisa menjalin silaturahmi ├ántara sesama wartawan dan juga dengan pihak Diskominfo,” kilah Suardi.

Baca Juga :  Pengurus PWI di Ajatappareng Raya Bersatu Nyatakan Dukungan ke Agus Salim Alwi Hamu, Ini Statemennya

Sementara pihak Dinas Kominfo Lutim, Yulius (Bidang IKP), menyampaikan, kegiatan ini bertujuan memberikan pencerahan kepada insan pers tentang bagaimana peran strategis media dalam menyebarluaskan informasi yang berkualitas. Dengan harapan, insan pers bisa menambah wawasan mereka tentang tugas dan fungsinya sebagai pewarta, terutama dalam penyebarluasan informasi tentang pembangunan daerah Lutim,” jelasnya sebagaimana dilansir sebuah media tenar di daerah ini. Dengan demkian, imbuhnya, kerjasama antar pemerintah dengan jurnalis bisa lebih ditingkatkan, sehingga semua inovasi dari Pemkab Lutim bisa dipublikasikan kepada masyarakat. (SUARDI/ABDUL).

Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Berkualitas Libatkan para Jurnalis Lutim

Wartawan MERPOS Suardi (kiri depan) bersama para Jurnalis Lutim. (Foto : Istimewa)

Comment