Talle Sinjai Data Calon Penerima BLT

Bagikan :

SINJAI, MNC – Virus Corona melanda hampir semua Negara, termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), berdampak di semua lini kehidupan membuat perekonomian “tiarap” di berbagai Kabupaten/Kota, sampai ke pelosok pedesaan saup-saup terdengar keluhan.

Sontak semua itu mendapat perhatian serius pemerintah untuk meringankan derita rakyat, seperti halnya Desa Talle, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan. Kini siap menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), bagi masyarakat.

“Saat ini kami sementara tahap pendataan dan kalau semuanya sudah rampung, maka akan dilakukan verifikasi data agar BLT tepat sasaran, sesuai kriteria yang ada,” ungkap Kades Talle, Abd Rajab pada Rabu 22 April 2020.

Baca Juga :  Terkait Tender Proyek Poskesdes DiBatalkan, Rekanan Protes Ini Alasanya...

Dikatakan, rencana pemberian BLT berdasarkan keputusan perubahan anggaran dana Desa, sebagaimana diatur oleh PDTT No 8 tentang Desa tanggap Covit-19.

“Dasar BLT ini adalah Peraturan Menteri Desa dan PDTT No 6 Tahun 2020, Perubahan Permen PDTT No 11 Tahun 2019. Dengan total bantuan sebesar Rp 600.000,- per keluarga sasaran,” ujarnya.

Secara terpisah, Edy salah seorang aparatur Desa Talle mengatakan, Desa Talle, terdiri dari 8 Dusun, sementara dalam proses pendataan. Di mana pendataan tersebut melibatkan aparatur Desa, para Kepala Dusun, BPD. Serta sejumlah relawan Desa. turut andil dalam pendataan ini adalah Brigpol.H. Ilyas, sekaligus sebagai Bhabinkamtibmas Kecamatan Sinjai Selatan.

Baca Juga :  Debat Paslon Bupati Pinrang Tak Memuaskan Publik

“Baru dua Dusun sudah selesai pendataan, dan kita akan rampungkan secepatnya,” sebutnya.

Di mana pendataan ini berdasarkan 14 kriteria, dan sekurangnya 9 dari kriteria tersebut harus terpenuhi sebagai syarat penerima BLT.

“Kita tidak serta merta mendata, tapi mengacu pada 14 kriteria dalam menentukan layak tidaknya mendapat BLT, “kuncinya Edy.

(SUPRIADI BURAERAH/MNC)

Talle Sinjai Data Calon Penerima BLT

Comment