Lantik Pengurus Mabincab dan Kwarcab Pramuka Sidrap, Haris Yasin Limpo Tekankan Ini

Bagikan :

SIDRAP, MNC — Pengurus Majelis Pembina Cabang (Mabincab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sidrap masa bakti 2019-2024 resmi dilantik dan dikukuhkan, Kamis (24/6/2021).

Pelantikan berlangsung di Aula Kompleks SKPD Sidrap, dipimpin Ketua Harian Kwartir Daerah Sulsel, Ir. H. Haris Yasin Limpo mewakili Ketua Kwartir Daerah (Kwardar) Sulsel.

Susunan Mabincab Gerakan Pramuka Sidrap yakni Bupati Sidrap sebagai Ketua Mabincab, Wabup Sidrap dan unsur Forkopimda sebagai Wakil Ketua Mabincab, Sekretaris Daerah (Sekda) sebagai Sekretaris Mabincab, dan anggota terdiri dari para asisten, staf ahli, dan kepala OPD.

Sementara Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sidrap masa bakti 2019-2024 diketuai Ir. H. Dollah Mando, Sekretaris, Akhmadin Latif dan Bendahara, Tenri Bibi.

Baca Juga :  Bahas MT Oktober Maret, Pemkab Sidrap Gelar Pertemuan dengan Distributor dan Pengecer Pupuk

Kepengurusan dilengkapi 10 wakil ketua, yakni Aminuddin (Perencanaan dan Pengembangan), H. Lukman Ngara (Pembinaan Anggota Muda), Sukardi Majah (Pembinaan Anggota Dewasa), Muh. Rohady Ramadhan (Organisasi dan Hukum), Anis Dachlan (Aset dan Usaha), Mansyur (Kerjasama antar Cabang), H. Alwi (Kehumasan dan Informatika), H. Muh. Amin (Pengabdian Masyarakat), Sudianto (Saka, Sako dan Gugus Darma), serta Iptu Syaripuddin (Bela Negara).

Dalam sambutannya, H. Dollah Mando menyampaikan, gerakan pramuka merupakan mitra dan perpanjangan tangan pemerintah dalam membangun dan membina watak, mental serta karakter generasi muda.

“Pramuka berperan mewujudkan generasi yang lebih baik, bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara serta mampu mengisi kemerdekaan bangsa,” ujar Dollah Mando.

Baca Juga :  Terbagi 5 Sesi, Ujian SKD CPNS Sidrap Formasi 2019 Dimulai Hari Ini

Ia berharap pengurus mabicab, kwarcab, pelatih dan pembina pramuka, terus berbakti mewujudkan sistem pendidikan alam terbuka yang diminati oleh para peserta didik. “Terus lakukan upaya peningkatan mutu keterampilan anggota pramuka, terutama yang ada di gugus depan sebagai ujung tombak pembinaan pramuka,” katanya.

Dollah Mando juga berpesan untuk mengedepankan penyelenggaraan kegiatan pramuka yang aman, nyaman dan sehat pada masa pandemi Covid-19 . “Penerapan protokol kesehatan secara ketat, mutlak harus dilakukan demi kesehatan dan keselamatan bersama,” pesannya.

Sementara Ketua Harian Kwartir Daerah Sulsel, Ir. H. Haris Yasin Limpo mengatakan, gerakan pramuka sangat memerlukan dukungan dari mabincab seiring kemajuan teknologi ditambah adanya pandemi Covid-19. Mabincab, imbuhnya, diharapkan memberikan arahan, bimbingan terutama bantuan kepada Kwarcab Sidrap baik secara organisatoris maupun dukungan anggaran.

Baca Juga :  Salurkan Dana BLT-DD Tahap Kedua di Pitu Riawa, Bupati Sidrap Pesankan Ini

“Kemajuan kwarcab sangat tergantung dari mabincab, untuk itu dukungan mabincab sangat diharapkan lebih signifikan bisa dirasakan. Kita ketahui Kwarcab Sidrap merupakan salah satu kwarcab yang sangat giat di kwartir daerah Sulsel, olehnya itu dukungan sangat diharapkan untuk kemajuan Kwarcab Sidrap,” sebut Haris.

Ditambahkannya, gerakan pramuka kedepan bisa menjadi salah satu wadah edukasi yang dapat dimanfaatkan dalam pembinaan generasi muda. “Generasi muda kita ujung tombaknya adalah gugus depan, untuk itu aktivitas mempertahankan kegiatan gugus depan adalah mutlak harus dilakukan,” kuncinya. DP

Comment