Pertama di Sidrap, Desa Kalosi Alau Deklarasi 5 Pilar STBM

Bagikan :

SIDRAP, MNC — Desa Kalosi Alau, Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidrap mendeklarasikan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Kamis (11/8/2022). Deklarasi dibacakan Kades Kalosi Alau, Andi Apris bersama ketua BPD dan kepala dusun setempat.

Acara yang berlangsung di Pelataran Pare Desa Kalosi Alau disaksikan Bupati Sidrap diwakili Pelaksana Harian (Plh) Sekda, Dr. Ns. H. Basra. Turut hadir Camat Dua Pitue, Andi Sammang, Camat Kulo M. Fasrah Nur, Kabid Kesehatan Masyarakat, Hj. Mu`minah, Kades Padangloang Alau, Dais Labanci, Kades Taccimpo, Edi M, kades dan lurah se-Kecamatan Dua Pitue dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Basra menyampaikan deklarasi 5 Pilar STBM Desa Kalosi Alau, merupakan yang pertama di Kabupaten Sidrap. Di tingkat Provinsi Sulsel, imbuh Basra, Kalosi Alau menjadi desa ke-46 dari 3.047 desa dan kelurahan.

Baca Juga :  Bimas Islam Kemenag Sidrap Gelar FGD, Ini Tujuannya

“Semoga hal ini akan menjadi motivasi bagi pemerintah desa/kelurahan dan kecamatan lainnya untuk dapat berbuat yang sama, senantiasa bergerak memberdayakan diri, bersama-sama seluruh elemen masyarakat mempercepat terwujudnya lingkungan yang sehat dengan 5 Pilar STBM di Kabupaten Sidrap,” harapnya.

Kadis Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Sidrap itu menjelaskan, melalui dekalarasi, masyarakat Desa Kalosi Alau saat ini dan seterusnya dengan penuh kesadaran melakukan 5 pilar STBM.

Baca Juga :  Pemkab Sidrap Permantap Kesiapan Pemberangkatan CJH

“Lima pilar itu yakni tidak membuang air besar di sembarang tempat, senantiasa mencuci tangan memakai sabun, mengelola makanan dan minuman sehat dalam keluarga, melakukan penanganan sampah rumah tangga dengan benar, dan penanganan limbah cair rumah tangga dengan aman,” paparnya.

Basra juga menyampaikan, Kabupaten Sidrap di tahun 2020 telah memperoleh STBM Award dari Kementerian Kesehatan. Award diberikan kepada daerah yang berhasil mewujudkan ODF (open defecation free) atau tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar sembarangan.

Baca Juga :  Kalahkan Pinrang, Tim Tenis Lapangan Sidrap Melaju ke Fase Semifinal Pra Porprov Sulsel 2022

“Di tahun 2021 Sidrap juga memperoleh STBM Award kategori STBM berkelanjutan,” pungkasnya. DP

Comment