Amazing, di Tangan Ketum PB ISSI, Listyo Sigit Prabowo, Pesepeda Indonesia Over Target Medali di SEA Games

Bagikan :

JAKARTA, MNC – Hari itu, kawasan Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Ahad, (29/5/2022) diramaikan rombongam pesepeda. Bak digelar Tour D’ISSI (Kejuaraan Tour Balap Sepeda) untuk memperebutkan posisi juara.

Namun sebenarnya, hari itu digelar Parade Kemenangan Kontingen Balap Sepeda Indonesia SEA Games 2021 yang telah digelar medio Mei 2022 lalu di Vietnam. Parade Kemenangan dipimpin langsung, Ketum PB ISSI, Listyo Sigit Prabowo yang diikuti jajaran pengurus dan para atlet.

Keikutsertaan Kontingen Sepeda kali ini pada SEA (South East Asian) Games – Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara – mengukir prestasi gemilang. PB ISSI yang secara realistis hanya menargetkan meraih 5 medali, namun faktanya di luar dugaan bisa melampaui target (over target).

Atlet Sepeda Indonesia justru merebut 8 medali. Amazing (luàr biasa). Rinciannya, 3 medali emas, 4 perak dan 1 perunggu. Tentu saja prestasi ini menggembirakan, sekaligus patut diapresiasi sosok Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Ketum PB ISSI), Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga :  Debut Awal Syamsuddin Batola Pasca Milo, PSM vs Persipura Imbang 1 - 1

Listyo Sigit Prabowo yang juga merupakan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), dikenal sebagai sosok pemimpin yang cerdas, kreatif dan inovatif. Baik dalam mengemban tugas pokoknya sebagai Kapolri maupun dalam kegiatan sosial-kemasyarakatan.

Ketum PB ISSI, Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya menjelaskan, parade kemenangan ini digelar sebagai bentuk apresiasi dan dukungan moril kepada atlet sepeda. Karena telah mengharumkan nama Bangsa Indonesia dengan menyumbangkan delapan medali SEA Games.

“Baru saja kita melaksanakan kegiatan parade sepeda dalam rangka memberikan apresiasi kepada atlet SEA Games kita. Menurut kami, mereka telah menorehkan prestasi yang apabila dibandingkan target yang kita berikan dan juga perolehan pada tahun sebelumnya, mengalami peningkatan. SEA Games kali ini para atlet mendapatkan 3 (tiga) emas, 4 (empat) perak dan 1 (satu) perunggu,” tutur Sigit, sapaan singkatnya.

Sport Tourism Tingkatkan Laju Ekonomi

Amazing, di Tangan Ketum PB ISSI, Listyo Sigit Prabowo, Pesepeda Indonesia Over Target Medali di SEA Games

Parade Kemenangan Atlet Sepeda SEA Games di GBK. (Foto: Divisi Humas Polri)Parade Kemenangan Atlet Sepeda SEA Games di GBK. (Foto: Divisi Humas Polri)

 

Baca Juga :  Bupati Soppeng Tutup Turnamen Marioriwawo

Lebih dalam, pada kesempatan ini, Sigit juga menekankan soal fokus untuk melakukan pengembangan olahraga sepeda di Indonesia. Mengingat, aktifitas sepeda saat ini semakin disukai ataupun diminati oleh seluruh masyarakat.

Dengan adanya fenomena tersebut, Sigit menyebut bahwa, selain memperhatikan sarana, prasarana dan hal lainnya untuk meningkatkan prestasi di cabang olahraga sepeda, PB ISSI juga terus memperhatikan kemajuan budaya gowes yang makin diminati masyarakat Indonesia.

“Harapan kita disamping mengejar prestasi, tentunya budaya bersepeda seperti visi dari ISSI bisa kita kembangkan. Kita lihat semakin hari semakin banyak komunitas sepeda dan budaya ini jika terus dikembangkan bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. Sepeda bisa menjadi alternatif untuk melakukan aktivitas,” ujar Sigit.

Pengembangan olahraga sepeda, lanjut Sigit, dapat dilakukan dengan menambah rute-rute baru untuk masyarakat bersepeda. Dengan begitu, menurut Sigit, dapat mendorong kemajuan di sektor pariwisata atau sport tourism, yang secara otomatis akan meningkatkan laju pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Sigit juga menyinggung semacam multiflier effect dalam pengembangan olahraga bersepeda dan komunitas sepeda. Diantaranya, ruang investasi terbuka lebar, tumbuh imdustri-industti baru sepeda

Baca Juga :  PSM Tekuk Persebaya, 3 - 1 Penuhi Asa Pendukung Juku Eja

Di sisi lain, Sigit berharap dengan adanya parade kemenangan ini dapat dijadikan semangat dan energi positif bagi seluruh atlet sepeda Indonesia dalam menghadapi event olahraga yang lebih bergengsi ke depannya.

Oleh sebab itu, Sigit menyampaikan, pengurus ISSI akan menyiapkan secara matang agar para atlet terus dapat memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia di berbagai macam perhelatan olahraga kelas dunia.

“Demikian juga gizi dan nutrisinya harus terus kita jaga dan yang paling penting adalah meningkatkan latihan-latihan mereka baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga semakin hari kemampuan atlet dan jam terbangnya semakin baik. Ini dibutuhkan dalam meningkatkan kemampuan, mental, dan teknik dalam menghadapi event kelas dunia,” kata Sigit. (Nina Humas Polda Sulsel/ABDUL/MNC).

Amazing, di Tangan Ketum PB ISSI, Listyo Sigit Prabowo, Pesepeda Indonesia Over Target Medali di SEA Games

Ketum Pengurus Besar ISSI, LIstyo Sigit Prabowo (Kapolri), beri sambutan kemenangan. (Foto: Divisi Humas Polri).

Comment