Bimas Islam Kemenag Sidrap Gelar FGD, Ini Tujuannya

Bagikan :

SIDRAP, MNC — Bimas Islam Kementerian Agama Kab. Sidrap kemarin siang menggelar kegiatan FGD (Forum Group Discussion) sekaligus launching website resmi Bimas Islam, berlokasi di Ballroom Al Ghony Hotel Grand Zidney Kab. Sidrap. Selasa (4/5/21).

Kegiatan tersebut diikuti oleh peserta diantaranya seluruh Kepala KUA Kecamatan se Kab. Sidrap, 40 orang kontributor berita, operator SIMKAH KUA se-Kab. Sidrap, dan operator teknis Disdukcapil Kab. Sidrap dengan mengusung tema “Peningkatan Kualitas Kelembagaan KUA Melalui Akselerasi Layanan Publik Berbasis Digital”.

Hadir sebagai undangan dan pemateri yaitu Kakanwil Kemenag Agama Prov. Sulawesi Selatan dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kemenag Wilayah Prov. Sulawesi Selatan, Drs. H. Rappe, M.Pd, Kepala Dinas Dukcapil yang juga Asisten II Pemeritahan Kab. Sidrap, HA. Faisal Ranggong, MT, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sidrap, Dr. Muhammad Idris Usman, MA, Kepala Seksi Kepenghuluan dan Bina Keluarga Sakinah, H. Andi Rezky Dharma dan Kepala Seksi Saspras dan Sasfo H. Sawedi dan Kasi Bimas Islam Kemenag Sidrap, H. Muslimin Mukhtar.

Baca Juga :  IGD RS Nene Mallomo Sidrap Tutup Sementara, Ini Sebabnya

Dalam laporannya selaku ketua panitia, H. Muslimin mengatakan bahwa dana kegiatan FGD ini merupakan alih fungsi anggran DIPA dari kegiatan KUA Teladan yang ditiadakan tahun ini.

“Karena tahun ini tidak ada KUA Teladan, maka kita alihkan kepada kegiatan FGD ini yang merupakan bentuk kerjasama kita dengan Disdukcapil Kab. Sidrap” Ungkap pria yang akrab disapa Pak Mimin ini.

Sementara itu, Kakankemenag Sidrap yang membuka kegiatan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi kepada seluruh pihak yang terkait sekaligus melaunching secara resmi website resmi Bimas Islam Kemenag Sidrap.

“Saya patut berbangga karen harapan kita tidak bertepuk sebelah tangan, tetapi malah sebaliknya justru disambut baik dengan penandatanganan MoU oleh Bapak Kadis Disdukcapil. Nota kesepahaman yang akan dillaksanakan kedepannya yaitu terkait dengan perubahan status, bak itu KK atau KTP calon pengantin yang menikah. Jadi kedepannya, selain menerima buku nikah, juga nanti pengantin akan menerima KK dan KTP baru dengan perubahan status menjadi menikah”. Jelas pria yang mengaku fans fanatik FC. Barcelona tersebut.

Baca Juga :  BKD Sidrap Siapkan 260 Komnputer untuk SKD CPNS 2020

Kadis Disdukcapil yang ikut memberikan sambutan mengatakan bahwa rangking pengelolaan data kependudukan bisa meningkat seiring dengan bertambahnya inovasi 2 in 1 tersebut.

“Aplikasi 2 in 1 yang yang digagas hari ini mudah-mudahan bisa meningkatkan peringkat pengelolaan data kependudukan kita, bersamaan dengan akan diluncurkannya juga aplikasi lain yang kami gagas”. Ungkap anak dari mantan Bupati Sidrap HA. Ranggong tersebut.

Menutup sambutan, Kabid Urais, H. Rappe mengatakan bangga dengan kegiatan ini

Baca Juga :  Tinjau Dam Parit yang Rusak di Maddenra, Bupati Sidrap Pesankan Ini

“Sepertinya hanya Sidrap yang punya gagasan seperti ini, pengalihan anggaran kegiatan KUA Teladan yang sangat jitu sekali, terimakasih Bapak Kepala Kantor, Bapak Kadis sudah membantu, terimakasih Pak Kasi atas gagasannya. Ini lagi-lagi akan menjadi contoh untuk kabupaten lain.”. Ungkap mantan Kabid Penzawa Kemenag Wilayah Sulawesi Selatan tersebut.

Kegiatan kemudian berlanjut kepada penyerahan plakat sebagai tanda mata bentuk kerjasama antara Kementerian Agama dengn Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kab. Sidrap.

Kegiatan berlanjut pada pemaparan teknis pelaporan data kependudukan yang akan menikah di KUA melalui aplikasi 2 in 1 oleh operator teknis Disdukcapil. Sesi yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam tersebut berakhir saat bedug buka puasa terdengar setelah kegiatan ditutup dan dilanjutkan dengan buka puasa bersama. DP

Comment