Debut Awal Syamsuddin Batola Pasca Milo, PSM vs Persipura Imbang 1 – 1

Bagikan :

BANTUL, MNC – Pasca hengkangnya Milomir Seslija sebagai pelatih PSM Makassar, debut pertama Syamsuddin Batola menghantar PSM imbang dengan skor, 1 – 1. Racikan awal, sosok pelatih yang juga mantan pemain pilar PSM ini membuat permainan skuat PSM bermain lumayan bagus, namun belum tampil maksimal sehingga hanya meraih 1 poin.

Gol Juku Eja, julukan PSM, dicetak Anco Jansen menit ke-12 melalui pinalti. Sedangkan gol Persipura dicetak oleh Johanes Pahabol pada menit ke-34. Laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021, berlangsung di Stadion Sultan Agung Bantul, Sabtu, (27/11/2021).

Di babak pertama PSM langsung menekan Persipura hingga 10 menit pertama PSM cenderung mengendalikan permainan. Persipura yang kini dilatih Alfredo Vera agak kebingungan. Sang kreator PSM Wiljan Pluim leluasa menggocek bola yang merepotkan pertahanan Persipura.

Baca Juga :  PSM Unggul 2-1 Lawan Barito Putra, Kemenangan Perdana Pelatih Joop Gall Lewat Skema Openplay

Namun, umpan-umpan Pluim belum bisa dimanfaatkan barisan penyerang PSM. Satu momen ketika Pluim lolos menerobos ke jantung pertahanan Persipura, lalu memberikan trupas ke Anco Jansen. Bek Persipura yang kaget melihat Anco Jansen siap menendang bola, langsung menyeruduk Anco Jansen hingga terjatuh dan wasit menunjuk titik putih.

Anco Jansen yang dipercaya sebagai eksekutor berhasil menaklukkan penjaga gawang Persipura, Fitrul Rustafa. Skor, 1 – 0 untuk PSM.

Ketinggalan 1 gol, Pahabol dannkawan-kawan mulai ofensif dan mencoba menyerang pertahanan PSM. Namun, pertahan PSM yang dikawal Serif Hasic, Zulkifli Syukur, Hasyim Kipuw dan Abdul Rachman, tak memberi ruang penyerang Mutiara Hitam, julukan Persipura, untuk mendekat ke kotak pinalti.

Oleh karenannya, penyerang Persipura sesekali mencoba melakukan tendangan jarak jauh, namun mampun diantisipasi penjaga gawang PSM, Hilman Syah.

Baca Juga :  Event Bhayangkara Fun Ride Rally 2018

Tak Merubah Posisi Klasemen 

Persipura yang mulai bisa menemukan ritme permainan, tak mau putus asa. Satu kesempatan, Yohanes Pahabol yang memegang bola di depan rusuk kiri pertahanan PSM membuat kejutan. Pahabol yang menendamg bola disangka akan memberikan umpan ke depan gawang PSM, justru menendang langsung ke gawang dari jarak jauh.

Pahabol menendang bola dengan kaki kirinya yang berefek parabola dan melayag ke depan gawang. Penjaga gawang Hilman Syah tak bereaksi cepat dan ternyata bola melingkar kemudian bersarang di sudut kanan atas gawang PSM. Raut wajah Hilman Syah tetlihat keheranan.

Gol indah Yohanes Pahabol tersebut merubah skor menjadi imbang, 1 – 1. Skor seri tersebut bertahan hingga pluit panjang half time.

Baca Juga :  Hadapi Persebaya, Milo Diharap Menangkan PSM

Di babak kedua tim saling ngotot untuk mengejar kemenangan, hingga terjadi jual beli serangan. Tempo permainan meningkat sehingga sering terjadi pelanggaran dan protes ke wasit. Akibatnya, wasit acapkali memberikan kartu kuning kepada pemain kedua tim. Baik yang melanggar maupun yang memprotes.

Kendati kedua tim berusaha unggul, namun skor, 1 – 1 tak berubah lagi hingga pertandingan berakhir. Dengan raihan masing-masing 1 poin itu, tak mempengaruhi peringkat kedua tim.

PSM dengan akumulai poin 18, eksis di posisi 9 papan tengah. Sedangkan Persipura dengan perolehan poin

9, belum bisa terangkat dari zona merah atau bertengger di posisi 17 klasemen sementara. (ABDUL).

Debut Awal Syamsuddin Batola Pasca Milo, PSM vs Persipura Imbang 1 - 1

Syamsuddin Batola (tengah), Caretaker pelatih PSM Makassar pasca Milomir (Foto: Suara.com).

 

Comment