Ketua Kadin Sidrap Jadi Pembicara di Intermediate Training HMI

Spread the love

SIDRAP, MNC –– Latihan Kader Tingkat Nasional Intermediate Training yang digelar pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sidrap di Ballroom Al-Goni Hotel Grand Sidny Sidrap, Sabtu (11/1/2020) menampilkan dua pembicara.

Salah satunya, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sidrap, AM Yusuf Ruby. Dalam pemaparannya, Yusuf yang membawakan materi UMKM Handal dan Bertahan di Era Milinial ini membangkitkan semangat para peserta.

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kota Makassar itu menceritakan kisah pengalaman hidupnya sebagai pengusaha. Dia juga membahas sistem pengadaan kredit mikro tanpa agunan atau jaminan dengan bunga rendah.

“Menjadi pengusaha itu perlu komitmen dan disiplin yang tinggi. Kita harus punya banyak cara dalam berbagai hal. Dan yang pasti, kita senantiasa harus memiliki semangat dalam menjalankan usaha,” jelas Owner Hotel Grand Sidny ini.

Sebagai pengusaha yang sudah puluhan tahun berkiprah di berbagai bidang usaha, pemilik Kedai Ruby ini memiliki segudang pengetahuan tentang dunia kewirausahaan atau entrepreneurship.

“Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya. Satu-satunya jenis usaha yang tidak goyang pada saat terjadi krisis moneter 1998 lalu adalah UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” papar Yusuf Ruby.

Karena itu, hemat dia, eksistensi UMKM ini perlu terus diberdayakan dan dikembangkan. “Kami di Kadin, senantiasa mendorong para pelaku bisnis UMKM, khususnya di Sidrap agar bisa eksis dan maju,” terang Yusuf.

Selain Yusuf Ruby, panitia Latihan Kader Tingkat Nasional Intermediate Training HMI Sidrap juga menghadirkan Kamrul  Samad, Presidium Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) Pusat yang juga legislator DPR RI sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut. (Aryanda DP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *