Nikmati Soto Banjar di Pinggir Sungai Barito

Bagikan :

Laporan:  DARWIS PANTONG Banjarmasin, Kalsel

USAI menunaikan ibadah shalat Jumat di Masjid Raya Banjarmasin, sediamya kami akan langsung kembali ke Hotel Roditha, Jalan Ahmad Yani, Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tapi, karena perut pada keroncongan minta diisi, sehingga kami putuskan cari warung untuk makan siang. Namun, sebelum mendapatkan rumah makan, lagi-lagi rencana berubah sementara.

“Bagaimana kalau kita ke lokasi Expo Media Pers di Titik Nol Kilometer dulu. Banyak yang bisa dilihat-lihat di sana mumpun belum ramai,” ajak Marno Pawessai, Sekretaris PWI Kabupaten Sidrap-Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Setelah jalan-jalan di lokasi pameran jurnaliatik dan ekspo yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 Kalsel di Taman Sirin sambil berfotoria di beberapa titik, kami berlima menuju ke Banyu Anyar, Banjarmasin.

Baca Juga :  Bimas Islam Kemenag Sidrap Gelar FGD, Ini Tujuannya

Di pinggir Sungai Barito, kami menemukan sebuah warung makan. Soto Bawah Jembatan namanya. Karena, lokasinya berada di bawah sebuah jembatan yang lumayan panjang melintasi sungai nanluas.

Di tempat ini, kami menyantap hidangan soto dan sate ayam yang menggugah selera. “Soto Banjar asli. Gurih dan sangat lesat. Ini kuliner khas Banjarmasin,” ujar Gafur, warga Kabupaten Sidrap, Sulsel yang sudah lama menetap di Banjarmasin.

Baca Juga :  Momentum HUT ke-76 RI, Lima Ahli Waris BP Jamsostek di Kabupaten Sidrap Terima Santunan

Sambil menikmati Soto Banjar, kami juga disuguhkan nuansa panorama sungai dengan perahu motor yang lalu-lalang di depan mata. Begitu pun dengan kendaraan mobil dan sepeda motor yang melintas di jembatan di atas sana.

Cukup banyak pengunjung yang datang ke warung ini. Mereka berasal dari berbagai tempat berbeda untuk menikmati soto yang cukup populer kelezatannya itu.

Setelah kenyang makan soto dan menyeruput teh hangat, kami berlima selaku delegasi PWI Sidrap-Enrekang untuk HPN 2020 Kalsel, kembali menuju ke hotel tempat kami menginap.

Berdasarkan jadwal yang kami peroleh dari panitia HPN, besok, Sabtu, 8 Februari 2020, Presiden Joko Widodo bersama rombongan sejumlah menteri kabinet akan tiba dari Jakarta.

Baca Juga :  Pemkab Sidrap Gelar Lomba Nyanyi Antar SKPD dan Kecamatan

Orang nomor satu di Indonesia ini akan menghadiri perayaan HPN 2020 yang dipusatkan di Komplek Gubernuran Kalsel.

“Jadwal kedatangan presiden di Banjarmasin maju sehari dari rencana. Biasanya, presiden akan hadir pada puncak perayaan HPN pada tanggal  9 Februari setiap tahunnya.Tapi, karena ada kegiatan kenegaraan, makanya dimajukan sehari sebelumnya,” ujar H Mappiar HS, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Provinsi Sulsel.

Kendati demikian, imbuhnya, puncak acara HPN tahun ini akan tetap berlangsung sesuai time scedule pada 9 Februari 2020. “Hanya kedatangan Bapak Presiden yang dimajukan,” kunci Mappiar. (*)

Comment