Vaksin Covid-19 Datang, 2.269 Tenaga Medis di Sidrap akan Divaksinasi

Bagikan :

SIDRAP, MNC – Sebanyak 2.269 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Sidrap, Sulsel akan diberikan suntikan vaksin anti virus corona dalam waktu dekat.

“Jumlah tersebut berdasarkan data dari Bagian Imunisasi Dinas Kesehatan,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidrap, Dr Ishak Kenre, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidrap ini, para nakes akan disuntik vaksin jenis sinovacs ecara gratis.

Baca Juga :  Pemkab Sidrap dan BPK Sulsel Lakukan Entry Meeting, Ini Tujuannya

“Penyuntikan vaksin ini diberikan kepada seluruh pekerja yang bekerja di fasilitas kesehatan  di Sidrap yakni tenaga medis dan nonmedis di 14 puskesmas dan 3 rumah sakit,” jelas Ishak.

Disebutkannya, tenaga medis dan nonmedis yang divaksin itu terdiri dari ASN maupun tenaga honorer kontrak, dan sukarela. “Termasuk supir dan cleaning service masuk dalam tahap pertama vaksinasi,” lontar Ishak.

Dijelaskannya, tenaga kesehatan menjadi prioritas pertama menjalani vaksinasi karena mereka garda terdepan menghadapi Covid-19 dan bersentuhan langsung dalam penanganan wabah korona yang saat ini menjadi pandemi global.

Baca Juga :  Bahas Pengelolaan Potensi Wisata, Bupati Sidrap Ikuti FGD Bersama Menparekraf

Sebagaimana diketahui, pengiriman vaksin Covid-19 tahap awal tiba di Indonesia pada 6 Desember 2020 lalu sebanyak 1,2 juta dosis dan diprioritaskan untuk nakes.

Sementara, jadwal pemberian vaksin untuk tahap pertama itu akan dimulai pada 13 Januari 2021 mendatang dan yang mendapat giliran pertama adalah Presiden Joko Widodo bersama sejumlah tokoh nasional lainnya.

“Untuk Sulawesi Selatan, termasuk Kabupaten Sidrap masih menunggu instruksi jadwal dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulsel,” terang Ishak Kenre. DP

Comment