Hasil Pertanian Jagung Desa Nusa Bone Melimpah, Namun Sayang…

Bagikan :

BONE, MNC – Desa Nusa merupakan salah satu desa yang ada, di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Yang di huni penduduk ,1.687 jiwa, dan 400. kepala keluarga. Dengan 2 dusun yakni Dusun Nusa dan Dusun Angeddange,

Mayoritas warga hidup di bidang pertanian, dan peternakan. Terdapat sarana pendidikan,

Sekolah Paud/TK Sekolah Dasar dan MTs/Sekolah Menengah Pertama. Terletak di jantung wilayah Desa Nusa.

Menurut Firman, Kades Nusa ,sejak tahun 2015 hingga kini dirinya di percayakan oleh warga Desa Nusa,ia terus bekerja keras untuk desa yang di pimpinnya. Dengan di bantu oleh para staf desa dan para kepala dusun dalam memajukan, dan mensejahterakan warga

Baca Juga :  Tiga Pilar Di Kecamatan Lanrisang, Komitmen Bersama Lawan Corona

Karena saya tahu, kalau masyarakat desa, ingin di layani, baik di bidang pemerintahan maupun dalam urusan masyarakat, kesemuanya urusan selalu di barengi niat yang tulus. Serta, memupuk kebersamaan dalam setiap kegiatan. Sehingga dapat berjalan damai, baik dan lancar, ujar Firman saat di temui awak media ini Kamis (9/7/2020).

Lanjut Kades, dengan menerapkan manajemen keterbukaan dalam melaksanakan tugas. Tentang anggaran pengalokasian dana desa, maupun kegiatan lainnya. Kami rapatkan terlebih dahulu bersama staf desa ,kadus dengan melibatkan unsur masyarakat guna keputusan bersama.

Baca Juga :  Tidak Benar Ketua KNPI Pinrang Dipanggil Panwaslu

Untuk tahun 2020 yang mana kita ketahui bersama bahwa, bencana covid – 19 belum berakhir. Disamping itu program pemulihan ekonomi masyarakat, melalui bantuan dari anggaran dana desa atau BLT – DD sebesar 600/Kepala Keluarga (KK) sudah tersalurkan tahap 3 (1800/KK) dari 67 KK penerima manfaat.

Sementara untuk BLT – DD sebesar 300/KK dalam waktu dekat ini. Akan kami salurkan untuk tahap pertama, dan tetap ada 3 tahap dengan jumlah 900/KK, jelas Kades.

Terkait keamanan lingkungan, Firman menjelaskan bahwa, tingkat keamanan Desa Nusa aman dan kondusif. Walaupun terkadang masih ada gesekan di tengah masyarakat, tapi itu semua bisa teratasi. Berkat kerjasama dengan melibatkan tokoh – tokoh masyarakat dalam menciptakan rasa aman, tandas Firman.

Baca Juga :  Wabup Sinjai Melantilk Kurniati. Begini Pesannya...

Menelisik lebih jauh, Desa Nusa termasuk penghasil ternak sapi. Tahun ini sekitar 500 ekor yang di kirim ke Kalimantan. Sementara pertanian beberapa jenis tanaman diantaranya jagung, kacang kacangan dan tanaman padi.

“Alhamdulillah, untuk sandang dan pangan Desa Nusa, hingga kini tetap terjaga, dan cukup memadai. Namun pemasaran hasil panen jagung, terkadang kurang lancar, karena belum ada chanel ekspor. Hanya di tadah oleh pedagang lokal kecamatan kahu,” lontar Firman.

(SUPRIADI BURAERAH/MERPOS)

Hasil Pertanian Jagung Desa Nusa Bone Melimpah, Namun Sayang...

 

Comment