Layani Kesehatan Warga Terpencil Puskesmas Batulappa Terapkan PKB

Bagikan :

PINRANG, MNC. – Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan bagi masyarakat terpencil, Puskesmas Batulappa menerapkan pola Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB).

Hal ini diungkapkan Kepala Puskesmas Batulappa Ismail Manahong, S. Kep, Ners, M. Kes menjawab MERPOSnews.com yang menemui di kediamannya, Jumat malam ini (23/3/18).

Dikatakan, sebagian wilayah kerja Puskesmas Batulappa merupakan kawasan terpencil yang tidak dapat dijangkau kendaraan umum roda empat. Untuk itu, Puskesmas menerapkan pola pelayanan kesehatan bergerak (PKB).

Pola pelayanan ini, kata Ismail,Ai?? dilakukan secara mobile oleh tim kesehatan, yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, tenaga bidan, perawat, gizi, sanitarian dan tenaga kesehatan lainnya sesuai kebutuhan pelayanan.

Baca Juga :  Rapid Test Positif, Pasien Covid-19, Asal Pinrang Meninggal di RSUD Andi Makkasau.

Jenis pelayanan keseharan bergerak ini, jelasnya,Ai?? mencakup pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan dan pemberdayaan masyarakat sebagai ujung tombak dalam sistem kesehatan nasional.

Kepala Puskesmas Batulappa Ismail Manahong, S. Kep, Ns, M. Kes mengatakan, Pelayanan kesehatan dasar meliputi pelayanan imunisasi dasar, pelayanan antenatal care pada ibu hamil, Pemantauan tumbuh kembang balita, pengobatan penyakit tropis dan skreening penyakit Hipertensi dan DM.Ai?? Pelayanan rujukan kasus spesialis menjadi prioritas seperti penyakit orang dengan gangguan jiwa serta kelompok risiko tinggi, merupakan jenis pelayanan rujukan.

Baca Juga :  Ishak Kenre Klaim Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sidrap Cukup Tinggi, Ini Alasannya

Pola pelayanan kesehatan bergerak, kata Ismail, diawali dengan melakukan persiapan, diantaranya dengan analisis situasi untuk menilai kebutuhan pelayanan, mapping letak dan kondisi geografis lokasi kegiatan serta persiapan sumver daya kesehatan. Untuk penguatan kegiatan dilakukan koordinasi dan advokasi kepada para stakeholdet atauAi?? lintas sektor terkait.

Menurutnya, Penerapan strategi pelayanan kesehatan bergerak dilaksanakan setiap bulannya, yang dimulai dari dusun Paleleng, dusun Teppulu, Loka dan Baruppu. Pola pelaksanaannya secara terpadu dan berkelanjutan serta dilaukan secara bergerak dari satu titik ke titik lokasi layanan berdasarkan karakteristik wilayah secara geografis. Puskesmas sebagai faskes tingkat pertama, tetap mengedepankan upaya promotif dan preventif dari pada kuratif untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat, tegas Kepala Puskesmas Batulappa. (Dhil/Ika)Layani Kesehatan Warga Terpencil Puskesmas Batulappa Terapkan PKB

Layani Kesehatan Warga Terpencil Puskesmas Batulappa Terapkan PKB
Luar biasa pengabdian Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak Puskesmas Batulappa harus naik-turun gunung. Tampak mereka berpose bersama di puncak gunung sebelum sampai di dusun terpencil. (Foto:ist)

Comment