Wabup Soppeng Perkenalkan Tembakau Varietas Rancak 19

Bagikan :

SOPPENG, MNC – Menindak lanjuti hasil kunjungan kerja (Kunker) Pemerintah Kabupaten Soppeng Sulsel ke Kabupaten Pamekasan Jawa Timur, yang di pimpin Wakil Bupati Soppeng Ir. Lutfi Halide, MP terkait pembinaan dan peningkatan kapasitas sumber daya usaha. Bagi pelaku usaha industri hasil tembakau kecil dan menengah,

Kini Pemkab Soppeng akan mengembalikan kejayaan tembakau di Bumi La Temmamala. Selasa (7/6/2022).

Menurut Wabup Lutfi Halide kepada awak media bahwa, saat ini Pemerintah Kabupaten Soppeng mencoba memperkenalkan varietas baru dengan melakukan penanaman tembakau varietas Rancak 19, di Kampung Calio Kelurahan Ujung, Kecamatan Lilirilau.

Baca Juga :  Dinas TPHPKP Kabupaten Soppeng Gelar Pelatihan Alsintan

“Saya langsung ambil bibitnya, mudah – mudahan bisa jadi sumber bibit di Soppeng, yang sudah beradaptasi dengan lingkungan/Agroklima,” ujar Wabup.

Menurutnya Varietas Rancak 19 ini, adalah varietas tembakau semi aromatik yang aromanya harum, dan cocok untuk bahan utama kretek. Varieras ini banyak dibudi daya petani Pamekasan Madura. Oleh karena itu varietas ini sangat dibutuhkan para pengusaha rokok di Kabupaten Soppeng, yang selama ini didatangkan dari kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur, jelas Lutfi.

Baca Juga :  Begini Dilakukan Ketua Forum Penilik PAUD Soppeng, Agar Terakreditasi...

Wabup berharap, ke depan agar para petani akan kembali bergairah dengan menanam tembakau varietas Rancak 19 ini. (ANTHO MASLAN/MNC)

Comment